Site icon MI NOR RAHMAN BANJARMASIN

Menyongsong Semester Genap 2024/2025: Panduan Lengkap Kalender Pendidikan Madrasah

Semester genap tahun ajaran 2024/2025 menjadi momen penting dalam pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar di lingkungan madrasah. Berdasarkan pedoman yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis), kalender pendidikan ini menjadi panduan resmi bagi Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) dan satuan pendidikan dalam menyusun jadwal kegiatan pendidikan. Artikel ini akan membahas secara mendalam berbagai agenda dan ketentuan dalam kalender pendidikan madrasah untuk semester genap tahun ajaran 2024/2025.

Awal Semester Genap 2024/2025 Dimulai 2 Januari 2025

Semester genap resmi dimulai pada Kamis, 2 Januari 2025, setelah perayaan Tahun Baru Masehi. Hari pertama masuk sekolah ini menjadi titik awal rangkaian kegiatan pendidikan yang telah direncanakan dengan matang oleh setiap madrasah.

Selain itu, awal bulan Januari juga diwarnai dengan peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama pada 3 Januari 2025. Peringatan ini menjadi momen penting untuk meningkatkan semangat pengabdian dalam lingkungan pendidikan madrasah.

Daftar Kegiatan Semester Genap 2024/2025

Kalender pendidikan madrasah mencakup berbagai kegiatan penting selama semester genap. Berikut adalah daftar lengkapnya:

Kegiatan-kegiatan tersebut menjadi rangkaian penting dalam membangun proses belajar-mengajar yang terstruktur dan terencana.

Pelaksanaan Penilaian dan Laporan Hasil Belajar

Salah satu kegiatan penting dalam semester genap adalah pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun atau Asesmen Sumatif Akhir Semester Genap. Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung antara 26 Mei hingga 14 Juni 2025. Penilaian ini bertujuan untuk mengevaluasi capaian pembelajaran siswa selama semester genap.

Adapun laporan hasil belajar akan diserahkan pada tanggal 21 atau 22 Juni 2025. Momen ini menandai akhir dari kegiatan belajar-mengajar sebelum memasuki libur pembelajaran akhir tahun yang berlangsung mulai 23 Juni hingga 13 Juli 2025.

Ketentuan Khusus dalam Kalender Pendidikan Madrasah 2024/2025

Pedoman Kalender Pendidikan Madrasah tidak hanya mencakup kegiatan umum, tetapi juga menetapkan sejumlah ketentuan khusus yang harus diperhatikan oleh satuan pendidikan. Berikut adalah poin-poin pentingnya:

  1. Pembagian Sistem Semester
    Tahun ajaran dibagi menjadi dua semester, yaitu semester gasal dan semester genap. Semester genap dimulai pada Januari dan berakhir pada pertengahan tahun pelajaran.
  2. Durasi Pembelajaran Tatap Muka
    Setiap jenjang pendidikan memiliki durasi waktu pembelajaran tatap muka yang berbeda:
    • Madrasah Ibtidaiyah (MI): 35 menit per jam pelajaran
    • Madrasah Tsanawiyah (MTs): 40 menit per jam pelajaran
    • Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan (MA/MAK): 45 menit per jam pelajaran
  3. Beban Belajar Mingguan
    Jumlah waktu pembelajaran per minggu disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di masing-masing madrasah. Secara keseluruhan, kalender pendidikan harus memastikan bahwa setiap tahun ajaran memiliki minimal 36 minggu efektif untuk kegiatan pembelajaran.
  4. Kegiatan Khusus di MAK
    Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) diwajibkan untuk mencantumkan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dalam kalender pendidikan mereka. PKL ini menjadi bagian integral dari pembelajaran berbasis kejuruan yang diterapkan di MAK.
  5. Penyesuaian Hari Libur Nasional
    Hari libur nasional dan cuti bersama akan mengikuti ketetapan pemerintah. Penyesuaian ini memastikan sinergi antara kalender pendidikan madrasah dan kebijakan nasional.

Manfaat Kalender Pendidikan yang Terencana

Kalender pendidikan madrasah yang terencana dengan baik memberikan sejumlah manfaat penting bagi seluruh pihak yang terlibat, antara lain:

Penutup

Kalender Pendidikan Madrasah tahun ajaran 2024/2025 menjadi panduan penting dalam memastikan keberhasilan pelaksanaan pendidikan di semester genap. Dengan memperhatikan jadwal kegiatan dan ketentuan khusus yang telah ditetapkan, diharapkan proses pembelajaran di madrasah dapat berjalan dengan lancar dan efektif.

Semoga panduan ini memberikan gambaran yang jelas bagi seluruh pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan, sehingga madrasah dapat terus mencetak generasi yang berilmu, beriman, dan berakhlak mulia.

Exit mobile version