Dalam rangka mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, penyusunan perangkat pembelajaran menjadi langkah penting bagi guru madrasah. Artikel ini akan membahas perangkat pembelajaran untuk mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, khususnya pada Fase A (kelas 1 MI semester 1). Perangkat ini mencakup berbagai elemen penting seperti capaian pembelajaran (CP), tujuan pembelajaran (TP), program tahunan, program semester, dan modul ajar.
1. Capaian Pembelajaran (CP)
Capaian pembelajaran dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dirancang untuk mengenalkan siswa pada dasar-dasar agama Islam. Pada Fase A, siswa diharapkan:
- Mampu mengenal huruf hijaiyah yang terpisah maupun tersambung, termasuk tanda baca.
- Memahami bacaan gunnah, al-qamariyah, dan al-syamsiyah.
- Menghafal dan memahami arti surat-surat pendek pilihan seperti Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq, Al-Ikhlas, dan Al-Lahab.
- Memahami hadis-hadis sederhana tentang kebersihan, keutamaan belajar, dan hormat kepada orang tua.
2. Tujuan Pembelajaran (TP)
Tujuan pembelajaran disusun berdasarkan capaian pembelajaran. Misalnya:
- Siswa mampu melafalkan dan menghafal huruf hijaiyah beserta tanda bacanya.
- Siswa memahami arti surat-surat pendek pilihan dan mengamalkan nilai-nilainya.
- Siswa memahami dan menerapkan ajaran hadis tentang kebersihan, keutamaan belajar, dan menghormati orang tua.
3. Program Tahunan dan Program Semester
Program tahunan dan semester dirancang untuk memastikan ketercapaian CP secara bertahap. Untuk kelas 1 semester 1, terdapat 6 ATP (Alur Tujuan Pembelajaran), seperti:
- Mengenal huruf hijaiyah.
- Mengenal surat Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq, Al-Ikhlas, dan Al-Lahab.
Sementara itu, semester 2 mencakup surat-surat seperti Al-Kafirun, Al-Kautsar, dan Al-Ma’un, serta hadis tentang kebersihan.
4. Modul Ajar
Modul ajar menjadi komponen inti perangkat pembelajaran. Contohnya:
- Modul 1.1: Mengenal huruf hijaiyah bagian 1.
- Target: Siswa mampu melafalkan huruf hijaiyah beserta tanda baca.
- Materi: Huruf hijaiyah dan tanda baca.
- Penilaian: Menggunakan lembar kerja siswa.
- Modul 1.2: Mengenal surat Al-Fatihah.
- Target: Siswa mampu melafalkan dan menghafal surat Al-Fatihah.
- Materi: Lafal dan arti surat Al-Fatihah.
- Penilaian: Tes hafalan dan pemahaman.
5. Kesimpulan
Perangkat pembelajaran ini dirancang untuk mempermudah guru dalam mengelola pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Dengan menyusun CP, TP, program tahunan, program semester, dan modul ajar secara terstruktur, proses pembelajaran dapat berlangsung lebih efektif.
Semoga perangkat pembelajaran ini bermanfaat bagi para guru madrasah dalam mendidik generasi Qur’ani yang cerdas dan berakhlak mulia.
Silahkan Download Di sini
Sumber Artikel : Guru Madrasah Berbagi