Site icon MI NOR RAHMAN BANJARMASIN

Menyusun Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka untuk Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Fase A

Dalam rangka mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, penyusunan perangkat pembelajaran menjadi langkah penting bagi guru madrasah. Artikel ini akan membahas perangkat pembelajaran untuk mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, khususnya pada Fase A (kelas 1 MI semester 1). Perangkat ini mencakup berbagai elemen penting seperti capaian pembelajaran (CP), tujuan pembelajaran (TP), program tahunan, program semester, dan modul ajar.

1. Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian pembelajaran dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dirancang untuk mengenalkan siswa pada dasar-dasar agama Islam. Pada Fase A, siswa diharapkan:

2. Tujuan Pembelajaran (TP)

Tujuan pembelajaran disusun berdasarkan capaian pembelajaran. Misalnya:

3. Program Tahunan dan Program Semester

Program tahunan dan semester dirancang untuk memastikan ketercapaian CP secara bertahap. Untuk kelas 1 semester 1, terdapat 6 ATP (Alur Tujuan Pembelajaran), seperti:

Sementara itu, semester 2 mencakup surat-surat seperti Al-Kafirun, Al-Kautsar, dan Al-Ma’un, serta hadis tentang kebersihan.

4. Modul Ajar

Modul ajar menjadi komponen inti perangkat pembelajaran. Contohnya:

5. Kesimpulan

Perangkat pembelajaran ini dirancang untuk mempermudah guru dalam mengelola pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Dengan menyusun CP, TP, program tahunan, program semester, dan modul ajar secara terstruktur, proses pembelajaran dapat berlangsung lebih efektif.

Semoga perangkat pembelajaran ini bermanfaat bagi para guru madrasah dalam mendidik generasi Qur’ani yang cerdas dan berakhlak mulia.

Silahkan Download Di sini

Sumber Artikel : Guru Madrasah Berbagi

Exit mobile version