Penggunaan LCD Proyektor dalam mata pelajaran Tematik untuk Kelas III A MIS Nor Rahman di bawah bimbingan Muhammad Hafiz Ansyari bertujuan mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran. Hal ini disampaikan pada hari Jum’at (12/01/24) di ruang kelas III A
Pentingnya media dalam proses belajar mengajar terlihat dari pengaruh besar yang dapat dihasilkannya dalam mencapai tujuan pembelajaran. Seorang guru, selain harus menguasai bahan pelajaran, juga perlu memiliki keterampilan dalam menggunakan media pembelajaran. Pemilihan media harus sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran, karena tidak semua media cocok untuk semua jenis pelajaran.
Menanggapi hal ini, Hafiz menyatakan bahwa penggunaan proyektor, khususnya LCD, memberikan kemudahan dan semangat belajar bagi siswa. Ia menekankan bahwa penggunaan proyektor memungkinkan siswa untuk belajar sambil menonton video, sehingga meningkatkan antusiasme mereka.
Keuntungan lain dari penggunaan LCD proyektor antara lain:
- Lebih Efektif dan Efisien: Penggunaan proyektor memungkinkan pengajar untuk mengoptimalkan waktu pembelajaran tanpa terbuang hanya untuk menulis di papan tulis. Kualitas visual yang jelas juga membuat materi lebih mudah dipahami oleh siswa.
- Ramah Lingkungan: LCD proyektor menggunakan tenaga listrik, yang membuatnya lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan menulis menggunakan spidol di whiteboard atau kapur di papan tulis. Ini juga mengurangi dampak pencemaran lingkungan.
- Membiasakan Peserta Didik dengan Teknologi: Penggunaan LCD proyektor secara tidak langsung memberikan pendidikan kepada siswa untuk lebih akrab dengan teknologi. Hal ini dapat mendorong mereka untuk mengembangkan ide-ide kreatif dalam menggunakan teknologi, sesuai dengan perkembangan era modernisasi.
Dengan demikian, penggunaan LCD proyektor dalam pembelajaran Tematik di MIS Nor Rahman di bawah bimbingan Muhammad Hafiz Ansyari dianggap sangat tepat untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, serta memperkenalkan siswa pada teknologi.