Minggu
24 November 2024
Muhammad Hafiz Ansyari
27 Sep 2024, 16:04 pm

Strategi Efektif Meningkatkan Pemahaman Bilangan Cacah dengan Soal HOTS: Kunci Sukses Pembelajaran Matematika di Kelas 3

Pendahuluan

Matematika sering kali dianggap sebagai mata pelajaran yang menantang bagi sebagian siswa, terutama ketika mereka mulai mempelajari konsep bilangan cacah dan operasi hitung dasar. Bagi siswa kelas 3 SD, memahami bilangan cacah hingga 1.000 dan menerapkan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, serta pembagian merupakan fondasi penting dalam pembelajaran matematika. Namun, untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa, pendekatan inovatif dengan menggunakan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) menjadi strategi yang semakin relevan.

Artikel ini akan membahas berbagai soal pilihan ganda beserta pembahasannya yang dirancang khusus untuk topik bilangan cacah, dengan fokus pada penggunaan soal HOTS untuk menantang dan mendorong siswa berpikir kritis. Strategi ini diharapkan tidak hanya membantu siswa menguasai materi, tetapi juga menumbuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang sangat penting dalam pendidikan abad 21.

berikut adalah 20 soal pilihan ganda terkait topik Bilangan Cacah sampai 1.000 beserta kunci jawabannya dan pembahasannya. Dari 20 soal ini, 10 soal termasuk soal HOTS (Higher Order Thinking Skills).

Soal Pilihan Ganda

1. Angka 569 dibaca sebagai…

a) Lima ratus enam puluh sembilan
b) Lima ratus enam puluh lima
c) Lima ratus sembilan puluh enam
d) Enam ratus lima puluh sembilan
Kunci jawaban: a
Pembahasan: Angka 569 dibaca lima ratus enam puluh sembilan.

2. Nilai tempat dari angka 4 dalam bilangan 472 adalah…

a) Satuan
b) Puluhan
c) Ratusan
d) Ribuan
Kunci jawaban: c
Pembahasan: Dalam angka 472, angka 4 berada di tempat ratusan.

3. Bilangan yang lebih besar dari 289 tetapi lebih kecil dari 300 adalah…

a) 288
b) 299
c) 301
d) 290
Kunci jawaban: b
Pembahasan: Bilangan yang lebih besar dari 289 dan lebih kecil dari 300 adalah 299.

4. Angka 738 terdiri dari…

a) 7 satuan, 3 puluhan, dan 8 ratusan
b) 7 ratusan, 3 puluhan, dan 8 satuan
c) 7 puluhan, 3 ratusan, dan 8 satuan
d) 7 ratusan, 8 puluhan, dan 3 satuan
Kunci jawaban: b
Pembahasan: Angka 738 terdiri dari 7 ratusan, 3 puluhan, dan 8 satuan.

5. Penjumlahan dari 234 + 765 adalah…

a) 989
b) 999
c) 999
d) 1.000
Kunci jawaban: a
Pembahasan: 234 + 765 = 999.

6. Bilangan genap di antara 520 dan 530 adalah…

a) 521
b) 523
c) 526
d) 529
Kunci jawaban: c
Pembahasan: Bilangan genap antara 520 dan 530 adalah 526.

7. Hasil dari 567 – 300 adalah…

a) 200
b) 267
c) 207
d) 277
Kunci jawaban: b
Pembahasan: 567 – 300 = 267.

8. Bilangan terbesar dari 748, 892, dan 612 adalah…

a) 748
b) 612
c) 892
d) 691
Kunci jawaban: c
Pembahasan: Bilangan terbesar adalah 892.

9. Angka 925 dibaca sebagai…

a) Sembilan ratus dua puluh lima
b) Sembilan ratus dua puluh dua
c) Sembilan ratus lima
d) Sembilan puluh lima
Kunci jawaban: a
Pembahasan: Angka 925 dibaca sembilan ratus dua puluh lima.

10. Bilangan kelipatan 5 antara 240 dan 250 adalah…

a) 245
b) 243
c) 248
d) 250
Kunci jawaban: a
Pembahasan: Bilangan kelipatan 5 antara 240 dan 250 adalah 245.

Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills)

11. Jika Alfa memiliki 250 kelereng dan memberikan 75 kelereng kepada Galih, berapa kelereng yang tersisa pada Alfa?

a) 150
b) 175
c) 200
d) 225
Kunci jawaban: b
Pembahasan: 250 – 75 = 175.

12. Sebuah toko menjual 320 mainan dalam satu bulan. Pada bulan berikutnya, penjualan mainan naik 50%. Berapa jumlah mainan yang terjual pada bulan kedua?

a) 460
b) 480
c) 490
d) 520
Kunci jawaban: b
Pembahasan: 50% dari 320 adalah 160, sehingga total penjualan pada bulan kedua adalah 320 + 160 = 480.

13. Jika jumlah kelereng Andi, Galih, dan Meutia adalah 450, Andi memiliki 150 kelereng, dan Galih memiliki 120 kelereng, berapa kelereng yang dimiliki Meutia?

a) 170
b) 180
c) 190
d) 200
Kunci jawaban: a
Pembahasan: Total 450 – (150 + 120) = 170.

14. Galih memiliki 630 kelereng. Jika dia membagikannya kepada 5 teman secara merata, berapa banyak kelereng yang diterima setiap teman?

a) 120
b) 126
c) 130
d) 135
Kunci jawaban: b
Pembahasan: 630 ÷ 5 = 126.

15. Pak Budi memiliki 3 kantong apel, masing-masing berisi 50 apel. Dia memberikan 70 apel kepada teman-temannya. Berapa sisa apel yang dimiliki Pak Budi?

a) 70
b) 80
c) 90
d) 100
Kunci jawaban: c
Pembahasan: Total apel = 3 × 50 = 150, sehingga sisa apel setelah diberikan 70 = 150 – 70 = 90.

16. Jika perbandingan kelereng Alfa dan Galih adalah 2:3, dan total kelereng mereka adalah 250, berapa banyak kelereng yang dimiliki Galih?

a) 100
b) 120
c) 150
d) 160
Kunci jawaban: c
Pembahasan: Jumlah perbandingan adalah 2 + 3 = 5. Jadi, bagian Galih = (3/5) × 250 = 150.

17. Sebuah keranjang berisi 480 buah jeruk. Jika 60 jeruk rusak, berapa persen jeruk yang masih baik?

a) 80%
b) 85%
c) 87.5%
d) 90%
Kunci jawaban: c
Pembahasan: Jeruk yang baik = 480 – 60 = 420, sehingga persen jeruk yang baik adalah (420/480) × 100% = 87.5%.

18. Sebuah buku memiliki 300 halaman. Jika Budi membaca 120 halaman pada hari pertama dan 90 halaman pada hari kedua, berapa halaman lagi yang perlu dibaca?

a) 90
b) 100
c) 120
d) 150
Kunci jawaban: c
Pembahasan: 300 – (120 + 90) = 90.

19. Pak Doni memiliki 1.200 ekor ayam. Setiap hari, ayam-ayam tersebut menghasilkan rata-rata 240 telur. Dalam berapa hari ayam-ayam tersebut menghasilkan 1.200 telur?

a) 3 hari
b) 4 hari
c) 5 hari
d) 6 hari
Kunci jawaban: b
Pembahasan: 1.200 telur ÷ 240 telur per hari = 5 hari.

20. Jika harga 4 buku adalah Rp100.000, berapa harga 6 buku?

a) Rp125.000
b) Rp150.000
c) Rp175.000
d) Rp200.000
Kunci jawaban: b
Pembahasan: Harga 1 buku = Rp100.000 ÷ 4 = Rp25.000, sehingga harga 6 buku = Rp25.000 × 6 = Rp150.000.

Semoga soal-soal ini membantu dalam pemahaman materi matematika pada Bab 1.

Artikel ini memiliki 0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

SEKOLAH

MI Nor Rahman Banjarmasin

Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin

Zaini, S.Pd.I M.Pd

Kepala Sekolah