Info Sekolah
Sabtu, 25 Mei 2024
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
5 Mei 2024

Bagaimana Mengunduh Laporan Pendidikan Hasil ANBK 2023?Begini Caranya

Ming, 5 Mei 2024 Dibaca 52x Berita

MI Nor Rahman News – Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengukur input, proses, dan hasil belajar di seluruh institusi pendidikan. Peningkatan sistem evaluasi pendidikan ini merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang didukung oleh Presiden Joko Widodo, dengan tujuan mendorong perbaikan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Kementerian mengundang para pemangku kepentingan untuk memberikan masukan terhadap penerapan Asesmen Nasional mulai tahun 2021.

Asesmen Nasional bukan hanya pengganti Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional, tetapi juga mencerminkan perubahan paradigma dalam evaluasi pendidikan. Program ini mencakup tiga instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan numerasi, Survei Karakter yang menilai sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan siswa, serta Survei Lingkungan Belajar yang mengevaluasi kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas dan tingkat institusi.

AKM mengukur kemampuan membaca dan numerasi siswa. Literasi membaca melibatkan pemahaman, penggunaan, evaluasi, dan refleksi terhadap berbagai jenis teks tertulis untuk membantu individu menjadi warga negara yang produktif. Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dalam berbagai konteks.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim, menyatakan bahwa perubahan mendasar dalam Asesmen Nasional adalah fokus pada evaluasi dan pemetaan sistem pendidikan, bukan penilaian individu siswa. AKM dirancang untuk mengukur pencapaian siswa dalam aspek literasi dan numerasi sebagai syarat untuk berkontribusi di masyarakat, tanpa memandang bidang kerja atau karier masa depan mereka.

Cara Mengunduh Laporan Pendidikan Hasil ANBK 2023:

1. Buka tautan: (https://anbk.kemdikbud.go.id/).
2. Masuk menggunakan akun ANBK 2023 tahun lalu, kemudian masukkan kode keamanan dan login.
3. Pilih menu “Download Rapor Pendidikan” dan unduh laporan tersebut.
4. Setelah selesai, laporan dapat dikirim ke kepala sekolah dan pengawas.

Demikian informasi tentang cara mengunduh Laporan Pendidikan Hasil ANBK 2023. Semoga bermanfaat.

Sumber : https://www.bobintel.com/2024/05/download-rapor-pendidikan-hasil-anbk.html

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -