Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
4 Juli 2024

KSM 2024: Membangkitkan Semangat Sains di Madrasah, 109 Ribuan Siswa Ambil Bagian

Kam, 4 Juli 2024 Dibaca 34x Berita / KSM

Jakarta (Kemenag) – Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama baru-baru ini sukses menggelar Kompetsisi Sains Madrasah (KSM) 2024 tingkat Kabupaten/Kota. Acara ini menyaksikan partisipasi lebih dari 109 ribu siswa dari berbagai wilayah di Indonesia, yang berkumpul untuk mengasah bakat dan minat mereka dalam sains.

KSM, yang merupakan ajang tahunan, bertujuan untuk memperluas wawasan dan keterampilan siswa madrasah di bidang sains. Kompetisi ini melibatkan siswa dari tingkat madrasah, kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional, menggunakan ujian berbasis komputer (CBT) secara menyeluruh.

Kegiatan KSM tingkat kabupaten/kota berlangsung dari 1 hingga 3 Juli 2024, dengan jumlah pendaftar mencapai 112.498 siswa. Dari jumlah tersebut, 34.636 siswa berasal dari Madrasah Aliyah (MA), 39.834 dari Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 38.028 dari Madrasah Ibtidaiyah (MI).

“Dalam pelaksanaannya, KSM Kabupaten/Kota diikuti oleh 109.609 siswa, terdiri dari 33.619 siswa MA, 38.801 siswa MTs, dan 37.189 siswa MI,” ungkap M Sidik Sisdiyanto, Direktur KSKK Madrasah, di Jakarta.

Acara ini tersebar di 1.339 titik lokasi di seluruh kabupaten/kota, dengan pengawasan ketat dari tim IT Kesiswaan untuk memastikan segala persiapan teknis telah optimal, baik dari segi perangkat lunak maupun perangkat keras.

Imam Bukhori, Kasubdit Kesiswaan KSKK Madrasah, yang memimpin pelaksanaan KSM 2024, menegaskan bahwa persiapan matang telah dilakukan, termasuk ujicoba CBT di semua lokasi untuk menjamin kelancaran jaringan dan server.

“Sosialisasi kepada proktor di seluruh kabupaten/kota juga telah dilakukan untuk meminimalisir risiko selama pelaksanaan CBT. Dukungan dari helpdesk nasional di Tangerang Selatan juga turut membantu kelancaran acara ini,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Sidik menekankan pentingnya koordinasi yang baik untuk pelaksanaan KSM tingkat provinsi dan nasional ke depan, dengan harapan hasil kompetisi dapat mendapatkan pengakuan dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresna).

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah, sehingga siswa dapat bersaing dengan baik di tingkat nasional,” tutupnya.

Editor: Selamet Mujahidin Sya’bani

Fotografer: Istimewa

Sumber : https://kemenag.go.id/nasional/109-609-siswa-ikuti-kompetisi-sains-madrasah-2024-tingkat-kabupaten-kota-Y5RyM

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -
https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sl777/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sto2/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/thailand/