Info Sekolah
Minggu, 15 Jun 1879
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
7 Juni 2024

Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nor Rahman Banjarmasin Gelar Jum’at Taqwa: Mengawali Hari dengan Sholat Dhuha dan Biografi Ulama Ternama

Jum, 7 Juni 2024 Dibaca 26x Berita

Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nor Rahman Banjarmasin kembali mengadakan kegiatan rutin Jum’at Taqwa pada Jumat, 7 Juni 2024. Kegiatan ini diadakan di aula utama madrasah dan diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan staf madrasah. Acara ini bertujuan untuk memperkuat keimanan dan ketakwaan para siswa melalui berbagai kegiatan religius yang dipimpin oleh Koordinator Keagamaan MIS Nor Rahman, Muhammad Hafiz Ansyari.

Acara dimulai dengan pelaksanaan Sholat Dhuha secara berjama’ah. Sholat Dhuha, yang dilaksanakan pada pagi hari, dikenal sebagai sholat sunnah yang mengundang keberkahan dan rahmat Allah SWT. Para siswa dengan penuh khusyuk melaksanakan sholat ini, yang dipimpin langsung oleh Muhammad Hafiz Ansyari. Kegiatan sholat ini tidak hanya memberikan ketenangan jiwa, tetapi juga mendidik para siswa untuk menjaga rutinitas ibadah di tengah kesibukan sehari-hari.

Setelah Sholat Dhuha, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan Surah Yasin secara bersama-sama. Surah Yasin, sebagai salah satu surah dalam Al-Qur’an yang memiliki banyak keutamaan, dibacakan dengan penuh penghayatan. Para siswa dan guru mengikuti pembacaan ini dengan khidmat, meresapi setiap ayat yang dibacakan. Pembacaan Surah Yasin ini diyakini dapat memberikan keberkahan dan perlindungan bagi yang membacanya serta diharapkan dapat menjadi pengingat bagi seluruh peserta akan pentingnya menjaga hubungan dengan Allah SWT.

Berikutnya, acara dilanjutkan dengan pembacaan Sholawat Kamilah. Sholawat ini merupakan salah satu bentuk pujian kepada Nabi Muhammad SAW yang sering kali dibaca untuk memohon syafaat dan keberkahan dari beliau. Muhammad Hafiz Ansyari memimpin pembacaan Sholawat Kamilah dengan lantunan yang merdu dan diikuti oleh seluruh peserta dengan penuh kecintaan dan kerinduan kepada Nabi Muhammad SAW. Suasana penuh spiritualitas mewarnai seluruh ruangan, menciptakan suasana yang tenang dan damai.

Acara puncak dari kegiatan Jum’at Taqwa kali ini adalah pembacaan biografi Abah Guru Sekumpul, seorang ulama besar dan tokoh spiritual yang sangat dihormati di Kalimantan Selatan. Biografi ini dibacakan oleh Muhammad Hafiz Ansyari dengan penuh keteladanan dan inspirasi. Abah Guru Sekumpul, atau yang memiliki nama asli KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani, dikenal sebagai ulama yang memiliki pengaruh besar dalam penyebaran ajaran Islam di Kalimantan Selatan. Cerita tentang kehidupan, perjuangan, dan keteladanan beliau dalam menyiarkan Islam memberikan inspirasi dan motivasi bagi para siswa untuk mengikuti jejak langkah beliau dalam berbuat kebaikan dan mendalami ilmu agama.

Kegiatan Jum’at Taqwa ini merupakan salah satu upaya dari MIS Nor Rahman untuk memberikan pendidikan agama yang lebih mendalam kepada para siswa, dengan harapan dapat membentuk generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga kuat dalam iman dan takwa. Muhammad Hafiz Ansyari, sebagai Koordinator Keagamaan, menyampaikan bahwa kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara rutin untuk menjaga semangat keagamaan di lingkungan sekolah.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, para siswa dapat lebih mengenal dan mendalami ajaran Islam serta meneladani perjuangan para ulama dalam menyebarkan kebaikan. Kegiatan ini juga menjadi sarana bagi siswa untuk memperkuat tali silaturahmi dan meningkatkan kecintaan terhadap agama Islam,” ujar Muhammad Hafiz Ansyari.

Acara ini diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Muhammad Hafiz Ansyari, memohon keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT untuk seluruh warga madrasah. Para siswa pun pulang dengan hati yang tenang dan penuh semangat untuk menjalani hari-hari berikutnya dengan lebih baik dan lebih bersemangat dalam menuntut ilmu serta beribadah.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan MIS Nor Rahman dapat terus menjadi lembaga pendidikan yang tidak hanya fokus pada pencapaian akademis, tetapi juga pada pembentukan karakter dan spiritualitas siswa yang kuat.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -
https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/