Info Sekolah
Sabtu, 15 Jun 2278
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
15 Desember 2022

MIS Nor Rahman Tingkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi Membaca

Kam, 15 Desember 2022 Dibaca 275x Berita

MI NOR RAHMAN NEWS – Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nor Rahman mengadakan kegiatan literasi membaca di Halaman MIS Nor Rahman untuk mendukung program pemerintah. Dengan kegiatan literasi membaca ini diharapkan para peserta didik mampu melatih diri untuk terbiasa membaca untuk menambah wawasan pengetahuannya, Kamis (15/12/22).

Kepala MIS Nor Rahman Zaini, S.Pd.I M.Pd berharap dengan adanya gerakan literasi membaca yang dilaksanakan setiap pagi kamis di Halaman MIS Nor Rahman, para peserta didik akan terbiasa membaca dan mampu menambah prestasi peserta didik.

Kepala perpustakaan MIS Nor Rahman Muslihah, S.Pd.I menyampaikan kemarin peserta didik telah mengikuti lomba bercerita diselenggarakan perpustakaan daerah, dan di madrasah peserta didik mengikuti gerakan literasi membaca.

“Biasanya setiap hari peserta didik dalam satu kelas pasti dibiasakan untuk membaca buku cerita untuk menerapkan literasi membaca yaitu salah satunya dengan membaca materi pembelajaran, novel, atau pengerjaan soal yang diintruksikan oleh guru mata pelajaran, sehingga cara ini membuat peserta didik terlatih dan minat membaca peserta didik meningkat,” lanjutnya.

Kegiatan literasi membaca di MIS Nor Rahman dilaksanakan dengan cara setiap peserta didik membawa sendiri buku atau meminjam buku di perpustakaan baik fiksi maupun nonfiksi, kemudian peserta didik membuat ringkasan dari buku yang dia pinjam.

Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Bidang Kesiswaan Ichsan Sugiharto,S.Pd.I menerapkan gerakan literasi membaca setiap pagi kamis dengan mengintruksikan peserta didik dengan membaca cerita, kemudian peserta didik mencatat atau membuat rangkuman dari materi yang telah dibaca tersebut.

Menurutnya, kegiatan literasi di MIS Nor Rahman ini masih kegiatan literasi pemula jadi lebih dititik beratkan pada kebiasaan membaca saja.  “Kami menekankan pada kebiasaan membacanya saja dulu, supaya peserta didik senang membaca,” tutur Ichsan.

Artikel ini memiliki

3 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -
https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/