Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
2 Maret 2022

Nadiem Jamin Kurikulum Merdeka Tidak Akan Mengurangi Tunjangan Guru

Rab, 2 Maret 2022 Dibaca 314x Berita

MI NOR RAHMAN NEWS – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, meluncurkan Kurikulum Merdeka. Nadiem memastikan, jam mengajar dan tunjangan profesi guru tidak akan berkurang meski kurikulum tersebut lebih fleksibel.

“Bagi guru-guru yang mungkin khawatir dengan perubahan ini karena lebih fleksibel jam waktunya, kami jamin ini tidak akan merugikan guru. Tidak akan mengurangi jam mengajar dan tunjangan guru,” jelas Nadiem dalam Peluncuran Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar, Jumat 11 Februari 2022.

Ia juga menjelaskan, penerapan Kurikulum Merdeka akan didukung dengan berbagai macam perangkat ajar dan pelatihan bagi sekolah-sekolah. Pertama, pihaknya akan menyediakan buku teks yang lebih variatif dengan kualitas yang baik.

Modul-modul pengajaran dan profil project juga akan diberikan untuk dijadikan sebagai panduan. “Kita tidak akan hanya membiarkan saja sekolah menentukan ini secara sendiri. Kita akan berikan mereka contoh-contoh, dukungan, bimbingan dalam apa saja yang bisa mereka lakukan,” kata Nadiem.

Kemudian, Kemendikbudristek juga akan memberikan pelatihan yang bisa diakses oleh semua guru secara otomatis melalui kanal-kanal digital. Salah satunya lewat platform Merdeka Mengajar yang dapat diakses lewat website maupun gawai android.

Lewat platform itu, para guru bisa mempelajari konsep-konsep yang diperlukan secara mandiri. “Sehingga mereka bisa lebih percaya diri dalam mengimplementasikan kurikulum ini. Bentuknya macam-macam yang bisa diakses. Guru bisa membentuk komunitas-komunitas belajar yang akan kami bantu fasilitasi untuk berbagi praktik baik dalam adopsi Kurikulum Merdeka ini,” kata dia.

Kurikulum Merdeka merupakan salah satu dari tiga kurikulum yang bisa dipilih oleh satuan pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran. Mulai tahun ajaran 2022/2023 satuan pendidikan diberikan kebebasan menentukan satu dari tiga kurikulum yang akan dipilih atau tidak dipaksakan.  Ketiga kurikulum tersebut adalah Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat, dan Kurikulum Merdeka.

“Kurikulum Merdeka ini sudah kita tes di 2.500 sekolah penggerak. Namanya dulu Kurikulum Prototipe. Sekarang karena kita luncurkan kepada sekolah-sekolah lain, namanya Kurikulum Merdeka,” ungkap Nadiem.

Kurikulum Merdeka fokus pada materi yang esensial memberikan keleluasan bagi guru dalam menggunakan berbagai perangkat ajar. Guru dapat menyesuaikan kebutuhan pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik.

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Tetap semangat dan profesional dalam menjalankan kewajiban, karena selain finansial yang akan kita dapat ada nilai yang lebih dimata yang maha kuasa apabila kita melaksanakannya secara ikhlas. Memang tidak munafik cuan tujuan kita namun belajarlah kita bekerja memeliliki tujuan utama sebagai ibadah maka in sha allah semua akan mengikut saja. Coba lihat mereka yang masih honorer atau yang belum mendapat tunjangan pantang menyerah apa pun mereka hadapi dengan modal keikhlasan, semoga kita semua tetap semangat dan terus berjuang untuk generasi penerus bangsa jangan kebijakan yang selalu berubah menjadi alasan kita untuk menyerah.

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -
https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sl777/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sto2/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/thailand/