Info Sekolah
Senin, 16 Jun 3975
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
10 Oktober 2022

Pembina Imbau Siswa Belajar dengan Sungguh-sungguh

Sen, 10 Oktober 2022 Dibaca 70x Berita

MI NOR RAHMAN NEWS – Pembina Upacara Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nor Rahman Rusdiana,S.Pd.I menghimbau kepada seluruh siswa untuk belajar dengan sungguh-sungguh dalam menuntut ilmu.

Diana menyampaikan dengan belajar sungguh-sungguh akan memberikan pengetahuan dan keilmuan.

“Siapa saja yang mempunyai ilmu tentu akan mendapat kesuksesan dimasa yang akan datang dan akan mendapat tempat di masyarakat, dan dapat kita bayangkan orang yang memiliki kekurangan ilmu sering terkesampingkan oleh masyarakat,” ujarnya saat memberikan pengarahan Senin (10/10/22) di lapangan utama madrasah.

Diana mengajak siswa agar terus belajar dan menjaga konsistensi diri untuk terus bersungguh-sungguh dan tetap berusaha menahan lelahnya belajar.

“Tuntutlah ilmu dari buaian hingga liang lahat dan jangan mengejar harta karena ilmu lebih baik dari pada harta,” kata Diana

Diana mengatakan agar dewasa nanti siswanya jangan terlalu mengejar harta akan tetapi lebih mengutamakan dalam menuntut ilmu karena menuntut ilmu itu adalah kewajiban seluruh umat muslim.

Diterangkannya, ilmu lebih baik dari pada harta, dan ilmu akan menjaga harta, sebagaimana orang yang berharta setelah meninggal dunia maka harta tersebut tidak akan menolongnya di akherat kelak. Sedangkan orang yang berilmu, ilmunya itu akan menjadi penerang nantinya di akherat kelak dan di dunia dia akan di kenang karena termasuk para pemilik ilmu. “Jadikanlah harta sebagai alat untuk mencari ilmu, dan janganlah mencari ilmu sekedar untuk mencari harta,” kata Diana

Ditambahkan Diana agar siswa dalam menuntut ilmu harus dengan hati yang ikhlas, karena dengan hati yang ikhlas segala sesuatu akan mudah dikerjakan termasuk dalam proses belajar mengajar dikelas. “Tentunya beda daya tangkap antara orang yang belajar dengan hati yang ikhlas dengan yang tidak,” tegasnya.

Diana mengingatkan semua peserta didik untuk kembali meluruskan niat dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu di madrasah.

“Menuntut ilmu atau belajar adalah satu daripada kewajiban kita sebagai seorang muslim baik laki-laki maupun perempuan seperti apa yang disampaikan Rasulullah melalui sebuah haditsnya. Oleh karena itu mari kita perbaiki niat kita datang ke madrasah ini pertama untuk menunaikn kewajiban kita menuntut ilmu karena Allah SWT,” kata Diana.

Ditambahkannya setiap perintah yang hukumnya wajib tentu bagi yang melaksanakan akan mendapatkan ganjaran pahala dari Allah, sebaliknya akan mendapatkan dosa bagi yang berani meninggalkan atau mengabaikan perintah tersebut.

“Kita tahu setiap perintah Allah baik yang wajib maupun sunah akan dicatat sebagai amal kebaikan dan mendapatkan pahala bagi muslim yang melaksanakannya, jadi menuntut ilmu juga demikian maka kita harus sungguh-sungguh dalam melakukannya,” tambahnya.

Selanjutnya Diana menjelaskan ilmu merupakan kunci kesuksesan kehidupan baik di dunia maupun di akhirat, oleh karena seorang muslim yang menginginkan kesuksesan atau kebahagiaan dunia lebih-lebih di akhirat haruslah menggapainya dengan ilmu menukil sebuah  hadits.

“Nabi bersabda barang siapa yang menginginkan kebahagiaan di dunia maka ia harus mendapatkannya dengan ilmu, barang siapa yang menginginkan kebahagiaan hidup di akhirat ia harus mendapatkannya dengan ilmu, dan barang siapa yang mau keduanya yaitu kebahagiaan dunia dan akhirat ia bisa mendapatkannya dengan ilmu,” jelas Diana.

Diiakhir amanatnya Diana mengingatkan peserta dalam menuntut ilmu yang sangat penting juga adalah membiasakan diri menjaga adab atau berperilaku yang baik dalam keseharian. “Yang tak kalah pentingnya adalah menjaga adab atau akhlak yang baik saat berbiacara maupun berbuat. Adab lebih utama dari pada ilmu,” pungkasnya.

Artikel Lainnya

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -
https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/