Info Sekolah
Senin, 26 Feb 2024
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
1 September 2023

Tanamkan Semangat Berbagi, MIS Nor Rahman Terapkan Program Infaq Jumat

Jum, 1 September 2023 Dibaca 176x Berita

MI NOR RAHMAN NEWS – Banjarmasin  (MIS Nor Rahman) – Guna menanamkan semangat siswa dalam hal berbagi terhadap sesama, Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nor Rahman Kota Banjarmasin menerapkan program Infaq Jum’at. Program ini dikelola berupa sedekah dari siswa kelas I Sampai kelas VI Jum’at  (01/09/23) di ruang kelas.

Kegiatan tersebut dilaksanakan rutin setiap hari Jum’at yang dipromotori segenap Guru MIS Nor Rahman yang dikoordinir langsung Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Kesiswaan.

Untuk prosedurnya salahsatu siswa tiap kelas akan berkeliling membawa kotak amal pada kelasnya masing-masing, yang nantinya akan diisi sebagai sedekah dari para siswa.

Setelah dikumpulkan dan dihitung jumlahnya tiap pekan agar siswa terbiasa dalam bersedekah dengan menyisihkan uang jajan mereka.

Wakamad Kesiswaan Ichsan Sugiharto,S.Pd.I mengatakan program Infaq Jum’at merupakan salah satu program madrasah yang kembali diaktifkan awal semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 dan dana program Infaq Jum’at ini akan disalurkan kepada siswa yang layak menerima secara berkala dan ketika diperlukan.

“Selain itu, Program Infaq Jum’at ini ditanamkan agar para siswa mempunyai semangat dalam berbagi, memiliki sikap solidaritas, kesetiakawanan, dan keikhlasan untuk membantu atau menolong sesama,” tambahnya.

Kepala MIS Nor Rahman Zaini,S.Pd.I M.Pd.  menuturkan program Infaq Jum’at adalah upaya dan usaha dari madrasah untuk memberikan bantuan atau santunan kepada siswa yang membutuhkan paling tidak meringankan beban terutama untuk memenuhi keperluan sekolah seperti pakaian seragam, sepatu, tas, buku-buku dan keperluan lainnya yang berkaitan dengan kelengkapan untuk sekolah.

“Hal ini setidaknya meringankan beban siswa atau orang tua siswa sehingga mereka bisa belajar layak seperti yang lainnya,” tuturnya.

Lebih lanjut diterangkannya dari program Infaq Jum’at siswa diarahkan dan ditanamkan supaya memiliki sikap solidaritas, kesetiakawanan dan keikhlasan serta semangat untuk membantu bagi siapapun yang memerlukan.

“Siswa yang memiliki kemampuan lebih secara finansial bisa membantu dengan ikhlas tanpa dipaksa untuk temannya yang kekurangan atau memerlukan,” terangnya.

Sementara itu salah satu siswa MIS Nor Rahman Ahmad Baihaqi mengungkapkan program Infaq Jum’at sangat besar manfaatnya.  “Kami mendapat kesempatan untuk beramal dan menyumbangkan sesuai dengan kemampuan kami secara ikhlas,” ungkapnya.

Penulis             : Hafiz

Foto                 : Hafiz

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Februari 2024
M S S R K J S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -