Info Sekolah
Minggu, 23 Jun 2024
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
16 Mei 2023

Bimtek EDM dan e-RKAM, Kamad Pinta Upgrade Mutu Pendidikan Madrasah

Sel, 16 Mei 2023 Dibaca 178x Berita

MI NOR RAHMAN – Banjarmasin (MIS Nor Rahman) – Kepala Madrasah (Kamad) Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nor Rahman, Zaini,S.Pd.I M.Pd meminta peserta Bimtek MIS Nor Rahman agar dapat mengikuti Bimtek dengan disiplin dan sungguh-sungguh, sehingga setiap materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan dapat diterapkan.

“Tolong acara Bimtek ini diikuti dengan bersungguh-sungguh, tuntas dan kuasai jika tidak paham tanyakan dan diskusikan sampai benar-benar paham,” ungkapnya, kepada materi, Tim Penjamin Mutu Madrasah yang mengikuti Bimtek EDM dan e-RKAM yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kota Banjarmasin selama tiga hari dari tanggal 15 – 17 Mei 2023 di Hotel Jelita Banjarmasin.

Zaini menyebutkan kegiatan tersebut merupakan Proyek Realizing Education’s Promise: Support to Indonesia’s Ministry of Religious Affairs for Improved Quality of Education-selanjutnya disebut Realizing Education’s Promise-Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR). “Kegiatan ini yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pengelolaan dan layanan pendidikan madrasah,” tandasnya Zaini Senin (15/05/23).

Kemudian ia menyampaikan, REP-MEQR terdiri atas empat komponen proyek yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sistem pengelolaan pendidikan di mdrasah. Keempat komponen tersebut adalah, Komponen 1 Penerapan Sistem e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis Elektronik) secara nasional dan Pemberian Dana Bantuan untuk Madrasah.

“komponen 2, Penerapan Sistem Penilaian Hasil Belajar seluruh Peserta Didik secara nasional, komponen 3 Kebijakan dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk Guru, Kepala Madrasah, dan Tenaga Kependidikan Madrasah; dan Komponen 4 Penguatan Sistem untuk mendukung Peningkatan Mutu Pendidikan,” jelas Zaini

Dilanjutkan Kamad, hasil EDM dimanfaatkan MIS Nor Rahamn sebagai bahan untuk menyusun program pengembangan MIS Nor Rahman lebih lanjut dan menjadi dasar penyusunan Rencana Kerja Madrasah (RKM) dan Rencana Kegiatan Anggaran Madrasah (RKAM) tahun 2023.

“Dengan EDM dan E-RKAM ini MIS Nor Rahman dapat mengetahui jenis kebutuhan yang diperlukan untuk perbaikan mutu pendidikan dan peningkatan kinerja yang lebih professional, lebih mandiri juga berprestasi,” tegas Kamad.

Kamad menambahkan EDM dan E-RKAM menjadikan segala rencana perbaikan dan  pengembangan MIS Nor Rahman lebih terarah rencana kegiatan dan penggunaan anggaran akan lebih transparan, efektif dan efisien serta terpusat.Karena melalui EDM dan E-RKAM EDM ini seluruh kegiatan MIS Nor Rahman terkait anggaran dapat dikontrol langsung oleh pusat.

“Suksesnya EDM dan E-RKAM dapat dijadikan sebagai pedoman kerja untuk perbaikan dan pengembangan madrasah, sarana untuk melakukan monitoring dan evaluasi, serta bahan untuk mengajukan usulan pendanaan pengembangan MIS Nor Rahman,” jabar Kamad.

Sementara salah satu Tim inti EDM dan E-RKAM MIS Nor Rahman Salasiah,S.Pd mengatakan keberhasilan menyelesasikan EDM dan E-RKAM tidak cukup hanya tepat waktu dan ada bukti fisiknya.

”Semua itu dibutuhkan kekompakan dan kerjasama dari seluruh stakecholder MIS Nor Rahman, mudah-mudahan EDM dan E-RKAM dapat membawa MIS Nor Rahman lebih terarah untuk mengembangkan tujuan pendidikan MIS Nor Rahman,” pungkas Salasiah.

 

Kemudian Salasiah mengatakan dan  berharap, agar mampu mengelola dan mengalokasikan secara tepat sumber dana yang ada untuk kegiatan yang mendorong tercapainya slogan Madrasah Mandiri Berprestasi serta pencapaian Standar Nasional Pendidikan. “Untuk itulah, MIS Nor Rahman sebagai aset Kementerian Agama harus mampu berinovasi lebih baik. Mampu mencetak generasi yang unggul secara prestasi dan budi pekerti,” tukasnya.

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -
https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sl777/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sto2/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/thailand/