Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
25 Juni 2024

Apa Itu Kurikulum Operasional Madrasah (KOM)?

Sel, 25 Juni 2024 Dibaca 69x

Pendahuluan

Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) merupakan konsep yang berfokus pada pengembangan kurikulum berbasis kebutuhan dan karakteristik khusus setiap madrasah. KOM dirancang untuk memfasilitasi penerapan Kurikulum Merdeka yang lebih fleksibel dan kontekstual, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pendidikan yang beragam di madrasah. Dalam konteks ini, KOM tidak hanya berfungsi sebagai kerangka pembelajaran tetapi juga sebagai panduan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik yang sesuai dengan visi dan misi madrasah​​.

Konsep Dasar dan Tujuan KOM

Kurikulum Operasional Madrasah dikembangkan dengan tujuan untuk memberikan kerangka kerja yang lebih terstruktur dan sistematis dalam pelaksanaan pendidikan di madrasah. Menurut panduan yang diterbitkan oleh Kementerian Agama, tujuan utama KOM adalah untuk mengembangkan kompetensi dan keterampilan hidup peserta didik agar mampu menghadapi tantangan zaman, serta mewariskan nilai-nilai luhur budaya dan agama kepada generasi penerus​​.

Kurikulum ini juga menekankan pentingnya adaptasi dan inovasi dalam proses pendidikan, dengan memberikan otonomi kepada madrasah untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan lokal. Dengan demikian, madrasah diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan relevan bagi semua peserta didik, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus​​.

Komponen Utama KOM

KOM terdiri dari beberapa komponen utama yang harus dipenuhi oleh setiap madrasah. Komponen ini meliputi analisis karakteristik madrasah, penyusunan visi, misi, dan tujuan madrasah, pengorganisasian pembelajaran, serta perencanaan pembelajaran yang efektif. Berikut penjelasan singkat tentang masing-masing komponen​​:

Analisis Karakteristik Madrasah: Langkah pertama dalam pengembangan KOM adalah menganalisis karakteristik dan kekhasan madrasah, termasuk kondisi sosial budaya, potensi peserta didik, dan kebutuhan pendidikan setempat.

Analisis ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan area yang perlu ditingkatkan, sehingga madrasah dapat menyusun strategi pembelajaran yang lebih efektif dan relevan​​.

Penyusunan Visi, Misi, dan Tujuan: Setelah memahami karakteristik madrasah, langkah berikutnya adalah merumuskan visi dan misi yang mencerminkan tujuan jangka panjang madrasah. Visi dan misi ini harus berfokus pada pengembangan kompetensi dan karakter peserta didik yang sejalan dengan nilai-nilai agama dan budaya yang ingin ditanamkan​​.

Pengorganisasian Pembelajaran: Pengorganisasian pembelajaran meliputi penyusunan program intrakurikuler dan kokurikuler yang mendukung pencapaian profil pelajar yang diinginkan.

Dalam konteks KOM, pembelajaran harus dirancang untuk mempromosikan keterlibatan aktif dan mengakomodasi keberagaman gaya belajar peserta didik​​.

Perencanaan Pembelajaran: Perencanaan pembelajaran yang komprehensif meliputi penyusunan rencana pelajaran, pemilihan metode pengajaran yang sesuai, dan pengembangan alat evaluasi yang efektif.

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa proses pembelajaran berjalan secara sistematis dan berfokus pada pencapaian tujuan pendidikan yang telah ditetapkan​​.

Manfaat dan Implementasi KOM

Implementasi KOM memiliki beberapa manfaat penting bagi madrasah, antara lain meningkatkan fleksibilitas dalam penyusunan kurikulum, memungkinkan adaptasi terhadap perubahan lingkungan dan kebutuhan peserta didik, serta mendorong inovasi dalam metode pengajaran dan evaluasi​​. Dengan adanya panduan yang jelas dan terstruktur, madrasah dapat lebih mudah mengembangkan program pendidikan yang sesuai dengan konteks lokal dan kebutuhan khusus peserta didik.

Pengembangan KOM juga memungkinkan madrasah untuk lebih fokus pada pembentukan karakter dan kompetensi peserta didik, sehingga mereka siap menghadapi tantangan masa depan. Dalam jangka panjang, diharapkan implementasi KOM dapat meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah dan menghasilkan lulusan yang kompeten, berkarakter, dan siap bersaing di tingkat nasional maupun internasional​​.

Kesimpulan

Kurikulum Operasional Madrasah adalah alat penting dalam pengembangan pendidikan di madrasah yang memungkinkan fleksibilitas dan adaptasi sesuai dengan kebutuhan lokal. Dengan fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter peserta didik, KOM memainkan peran kunci dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan berorientasi masa depan. Implementasi yang efektif dari KOM akan membantu madrasah dalam memberikan layanan pendidikan yang berkualitas dan relevan bagi semua peserta didik.

Referensi

Direktorat KSKK Madrasah. (2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Ramdhani, M. A., & Isom, M. (2022). Kurikulum Operasional Madrasah dalam Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -
https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sl777/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sto2/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/thailand/