Info Sekolah
Sabtu, 24 Mei 5073
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
23 Februari 2024

Apa Itu Nisfu Syaban?

Jum, 23 Februari 2024 Dibaca 219x

Malam Nisfu Sya’ban dipercaya sebagai saat yang istimewa, di mana Allah SWT membuka 300 pintu rahmat dan ampunan bagi umat manusia. Hal ini ditegaskan dalam hadits Abu Hurairah RA, di mana Rasulullah SAW menerima wahyu dari Jibril.

“Jibril telah datang kepadaku pada malam Nisfu Sya’ban lalu berkata, ‘Wahai Muhammad, pada malam ini dibuka pintu-pintu langit dan pintu-pintu rahmat, oleh karena itu, bangunlah dan dirikanlah sholat, serta angkatlah kepalamu dan kedua tanganmu ke langit (Berdo’a).'”

Dalam konteks ini, Nabi bertanya tentang makna malam tersebut, dan Jibril menjelaskan bahwa pada malam itu dibuka 300 pintu rahmat dan pintu ampunan, di mana Allah akan mengampuni dosa seluruh umat yang tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu. Namun, ada beberapa kelompok yang tidak akan diampuni, antara lain ahli sihir, tukang ramal, orang yang suka bermusuhan, orang yang suka mengadu domba, pemabuk, orang yang durhaka pada kedua orang tuanya, dan orang yang memutuskan silaturahim.

Mengamalkan ibadah pada malam Nisfu Sya’ban menjadi anjuran bagi umat muslim, seperti memperbanyak do’a, membaca dua kalimat syahadat, dan memperbanyak istighfar. Do’a menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah, sementara dua kalimat syahadat menjadi ekspresi pengakuan kebesaran Allah dan pengagungan kepada Nabi Muhammad SAW. Membaca istighfar pada malam Nisfu Sya’ban menjadi momen yang tepat untuk meminta ampunan atas segala dosa yang telah dilakukan.

Selain mendapat pahala, amalan-amalan ini juga dihubungkan dengan peningkatan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT. Sebagai kebiasaan Nabi Muhammad SAW ketika memasuki bulan Syaban, melaksanakan ibadah-ibadah tersebut diharapkan dapat membawa berkah dan rahmat dalam menghadapi bulan suci Ramadan.

Allahumma bariklana fi sya’ban wa balligna Ramadhan. Semoga amalan kita diterima dan kita diberkahi di bulan yang penuh keberkahan ini.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -