Info Sekolah
Sabtu, 24 Mei 8459
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
11 Maret 2024

Jangan Lupa Membaca Surah Al Fath Diawal malam bulan Ramadhan!ini Keutamaannya!

Sen, 11 Maret 2024 Dibaca 216x

Setengah Perkataan Ulama menjelaskan tentang keutamaan membaca Surah Al Fath di awal malam bulan Ramadhan yaitu insya Allah terpelihara dari segala macam hal yang tidak diinginkan pada tahun itu.

caranya yaitu sesudah Sholat Magrib dan sholat ba’diyah magrib kita ambil Al quran dan bacalah Surah Al Fath sampai selesai  3 x

Dan Dalam kitab Kanzun Najaah Was Surur karya Syeikh ‘Abdul Hamid bin Muhammad ‘Ali bin ‘Abdul Qaadir al-Quddus al-Makki asy-Syafie, disebutkan tentang keutamaan membaca Surat al-Fath pada malam awal Ramadhan. Faedah dari amalan ini dapat kita pahami melalui perkataan Syaikh Abu Bakar an-Naisaaburi, yang menyampaikan informasi yang didengarnya dari Muhammad bin ‘Abdul Malik, dan selanjutnya dari Yazid bin Harun, serta as-Sam’udi.

Syaikh Abu Bakar an-Naisaaburi menyampaikan bahwa dia mendengar Muhammad bin ‘Abdul Malik berkata, “Aku telah mendengar Yazid bin Harun berkata, aku telah mendengar as-Sam’udi berkata, ‘Telah sampai kepadaku bahwa barangsiapa membaca surah al-Fath pada malam awal (malam pertama) Ramadhan di dalam sholat tathawwu’ (solat sunat), dia berada di dalam penjagaan Allah untuk tahun tersebut.”

Pernyataan ini menggambarkan bahwa membaca Surat al-Fath pada malam pertama Ramadhan dalam sholat sunat tathawwu’ memiliki keutamaan yang luar biasa. Amalan ini dianggap sebagai bentuk perlindungan dari Allah SWT untuk seluruh tahun yang akan dihadapi oleh orang yang melakukannya. Keutamaan ini menunjukkan pentingnya menyambut bulan suci Ramadhan dengan ibadah dan doa, serta membuka pintu keberkahan untuk tahun yang akan datang.

Dengan demikian, membaca Surat al-Fath pada malam awal Ramadhan bukan hanya merupakan suatu amalan rutin, tetapi juga merupakan peluang untuk mendapatkan perlindungan dan berkah dari Allah SWT. Ini mengajarkan umat Muslim untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dan meresapi keutamaan setiap ibadah yang dilakukan, terutama di bulan suci yang penuh berkah ini.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -