Info Sekolah
Minggu, 15 Jun 1434
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
19 Maret 2023

Marhaban Ya Ramadhan!

Ming, 19 Maret 2023 Dibaca 233x

MI NOR RAHMAN NEWS – Tinggal beberapa jam lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan yang mulia. Kita akan bertemu lagi dengan bulan yang penuh Rahmat dan Ampunan dari Allah Swt, bulan yang mana balasan bagi beribadah karena Allah semata didalamnya mendapat pahala yang digandakan, bulan yang mana didalamnya ada malam kemuliaan yaitu Lailatul Qadar.

Setiap malam kita akan mendengar  lantunan ayat-ayat suci Al Quran yang menghiasi jagat raya. Tak ketinggalan lantunan Shalawat memuji manusia paling mulia yaitu Nabi Muhammad Saw pun akan saling bersahutan di surau-surau dan di masjid-masjid.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mana kita diwajibkan berpuasa sebulan penuh hal ini sesuai perintah Allah Swt didalam Al Quran Surah Al Baqorah ayat 183 yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa

Berpuasa di bulan Ramadhan sangatlah banyak keutamaannya diantaranya Allah Swt pernah berfirman melalui Hadits Qudsinya yang menyatakan bahwa setiap amal manusia adalah untuknya sendiri melainkan puasa, maka puasa itu adalah untukku dan aku sendiri yang berhak memberi ganjaran untuknya, Nabi Muhammad Saw pernah bersabda bahwasanya didalam surga ada satu pintu yang bernama Ar Rayyan yang dikhususkan bagi orang yang berpuasa. Rasulullah Saw bersabda puasalah kalian niscaya menjadi kesehatan bagi kalian, Dihadits yang lain Nabi Saw bersabda bahwa apabila tiba bulan Ramadhan dibukakan pintu surga, pintu neraka ditutup dan para syaithon dibelenggu. Nabi Saw pun pernah bersabda bahwa barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan semata-mata karena beriman kepada Allah Swt dan mengharap balasan hanya dari Allah Swt saja maka dosa-dosanya terdahulu akan diampuni.

Didalam kitab Durratun Nashihin karangan Imam Utsman Al Khuairy bab keutamaan Bulan Ramadhan menyatakan bahwa Nabi Muhammad Saw pernah bersabda bahwa termasuk orang yang mendapat kerugian apabila telah tiba bulan Ramadhan sampai berakhirnya bulan Ramadhan orang itu tidak mendapat keampunan dari Allah Swt hal ini disebabkan karena bulan Ramadhan adalah bulan rahmat-Nya Allah, bulan magfirah-Nya Allah Swt maka sangat rugi bila kita tidak diampuni oleh Allah Swt. Dalam kitab yang sama Rasulullah Saw menyatakan bahwa orang yang gembira dengan datangnya Bulan Ramadhan maka jasadnya diharamkan Allah Swt disentuh oleh Api Neraka bahkan Rasulullah menyatakan sendainya Umatku mengetahui bagaimana sebenarnya keutamaan bulan Ramadhan itu sungguh mereka akan menginginkan bahwa setahun itu hanya ada bulan Ramadhan dan masih banyak lagi hadits – hadits Nabi Muhammad Saw tentang keutamaan Bulan Ramadhan.

Semoga umur kita dipanjangkan Allah Swt sehingga kita dapat berjumpa lagi dengan Bulan Ramadhan, dan mudah-mudahan hidayah dan taufiknya Allah Swt selalu tercurah kepada kita semua..aamiin aamiiin ya Mujiibas saaa ilin…..

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -
https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/