Info Sekolah
Senin, 24 Mei 3402
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
31 Maret 2024

Menyongsong Sepuluh Hari Terakhir Ramadhan: Meningkatkan Ibadah Menuju Lailatul Qadar

Ming, 31 Maret 2024 Dibaca 40x

Tak terasa kita akan segera memasuki sepuluh hari terakhir dalam bulan Ramadhan ini. Pada periode terakhir ini, umat Islam umumnya meningkatkan ibadah, karena salah satu malam di sepuluh hari terakhir diyakini sebagai malam kemuliaan, Lailatul Qadar.

Ibadah pada malam Lailatul Qadar dianggap setara dengan beribadah selama seribu bulan, atau 83 tahun. Rasulullah selalu intens beribadah di malam-malam tersebut.

Dalam hadis yang disampaikan oleh ‘Aisyah ra, disebutkan bahwa “Ketika memasuki sepuluh hari terakhir Ramadhan, Nabi fokus pada ibadah, menghabiskan malamnya dengan beribadah, dan membangunkan keluarganya untuk ikut serta beribadah” (HR Al-Bukhari).

Keutamaan yang besar ini membuat para ulama sangat menyarankan untuk memperbanyak ibadah pada sepuluh hari terakhir Ramadhan. Zainuddin Al-Malibari dalam Fathul Mu’in menjelaskan, ada tiga amalan utama yang dapat dilakukan pada periode tersebut.

Pertama, memperbanyak sedekah, memenuhi kebutuhan keluarga, dan berbuat baik kepada kerabat serta tetangga. Jika memiliki kelebihan dan kecukupan, disarankan untuk menyediakan makanan berbuka puasa bagi yang berpuasa, bahkan jika hanya sebatas memberi segelas air.

Kedua, memperbanyak membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an dianjurkan pada semua waktu. Imam An-Nawawi menjelaskan bahwa membaca Al-Qur’an di akhir malam lebih utama daripada di awal malam, dan membaca Al-Qur’an setelah shalat Subuh dianggap yang paling baik. Abu Bakar Syatha menambahkan bahwa membaca Al-Qur’an di malam hari lebih disukai daripada di siang hari karena lebih khusyuk.

Ketiga, memperbanyak i’tikaf, sesuai dengan kebiasaan Rasulullah yang intens beri’tikaf di masjid pada sepuluh hari terakhir Ramadhan dengan penuh kesungguhan.

Tiga amalan ini dilakukan di akhir Ramadhan dengan harapan meraih ridha Allah swt dan bertemu dengan Lailatul Qadar. Beramal pada malam tersebut lebih bernilai dibandingkan dengan malam-malam lainnya di bulan lain. Semoga Allah mengabulkan harapan kita untuk meraih Lailatul Qadar.

Referensi :

https://lampung.nu.or.id/syiar/3-amalan-utama-pada-sepuluh-hari-akhir-ramadhan-qw5XU

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -