Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
28 Juni 2024

Panduan Lengkap Pendaftaran Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Kabupaten/Kota 2024

Jum, 28 Juni 2024 Dibaca 61x

Pengenalan Kompetisi Sains Madrasah (KSM)Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

KSM bertujuan untuk meningkatkan minat dan bakat siswa madrasah dalam bidang sains dan teknologi. Selain itu, KSM juga menjadi wadah untuk menumbuhkan semangat intelektual dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama Islam. Tahun 2024, KSM kembali hadir dengan berbagai inovasi dan prosedur baru untuk memastikan penyelenggaraan yang lebih baik dan terorganisir​​.

Tahap dan Proses Pendaftaran KSM

Kabupaten/Kota 2024

Pendaftaran KSM untuk tingkat Kabupaten/Kota dilakukan secara daring melalui platform yang disediakan oleh Kementerian Agama. Berikut ini adalah langkah-langkah dan informasi penting mengenai pendaftaran KSM 2024​​.

1. Persiapan Awal

Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan Anda memiliki dokumen-dokumen yang diperlukan seperti:Pasfoto formal (3×4) dengan latar belakang merah atau biru.Kartu Pelajar atau scan rapor siswa semester terakhir.Sertifikat KSM jika pernah mengikuti KSM tahun sebelumnya.

2. Membuat Akun Satuan PendidikanLangkah pertama adalah membuat akun di situs resmi KSM: ksm.kemenag.go.id.

Akun ini diperlukan untuk mengakses berbagai fitur pendaftaran dan manajemen data peserta. Berikut ini langkah-langkahnya:Isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar.Masukkan Nomor Statistik Madrasah (NSM) untuk madrasah atau Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) untuk sekolah.

Gunakan email yang aktif untuk menerima konfirmasi dan informasi penting lainnya.Buat password yang kuat untuk melindungi akun Anda.

3. Proses Pendaftaran Individual dan Beregu

Pendaftaran IndividualIsi data peserta dengan lengkap termasuk nama, kelas, dan mata pelajaran yang akan diikuti.Unggah dokumen persyaratan seperti pasfoto dan kartu pelajar.Klik tombol “Tahapan Selanjutnya” untuk melanjutkan proses pendaftaran.

Pendaftaran Beregu

Setiap regu terdiri dari satu ketua dan dua anggota.Nama regu harus diisi pada saat pendaftaran.

Pendaftaran beregu dapat dilakukan oleh peserta didik dari satuan pendidikan yang sama atau lintas satuan pendidikan.Semua data anggota regu harus dilengkapi sebelum pendaftaran dapat dikirimkan untuk verifikasi​​.

4. Verifikasi dan Validasi DataSetelah semua data diisi, peserta harus mengirimkan formulir pendaftaran untuk diverifikasi oleh komite KSM di tingkat Kabupaten/Kota.

Berikut langkah-langkahnya:Klik tombol “Kirim Pendaftaran” untuk mengajukan verifikasi.

Komite akan memeriksa kelengkapan dan kebenaran data yang telah diunggah.Jika ada kekurangan atau kesalahan, peserta akan diberi tahu untuk melakukan perbaikan.Setelah diverifikasi, peserta akan mendapatkan konfirmasi untuk melanjutkan ke tahap seleksi​​.

5. Mengunduh Bukti Pendaftaran

Setelah proses verifikasi selesai, peserta dapat mengunduh bukti pendaftaran sebagai tanda bukti bahwa pendaftaran telah berhasil dilakukan. Bukti ini tidak perlu dicetak, namun penting untuk disimpan sebagai referensi jika diperlukan​​.

6. Persiapan dan Pelaksanaan KSM

Setelah proses pendaftaran selesai, peserta harus mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian KSM. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan:Perangkat Komputer: Pastikan memiliki laptop atau PC dengan layar minimal 12 inci, RAM minimal 2GB, dan koneksi internet stabil.Aplikasi KSM 2024: Pastikan telah mengunduh dan menginstal aplikasi KSM yang diperlukan untuk ujian.Waktu dan Lokasi: Sesuaikan jadwal dan pastikan mengetahui lokasi pelaksanaan ujian di Kabupaten/Kota masing-masing​​.

Kesimpulan

KSM 2024 menawarkan kesempatan besar bagi siswa madrasah untuk mengasah kemampuan sains dan teknologi mereka. Dengan persiapan yang matang dan mengikuti semua prosedur pendaftaran dengan benar, peserta dapat memaksimalkan peluang mereka untuk sukses di kompetisi ini. Semoga artikel ini dapat menjadi panduan yang bermanfaat bagi semua calon peserta KSM 2024.

Artikel ini memberikan panduan lengkap mengenai proses pendaftaran KSM Kabupaten/Kota 2024, termasuk persiapan awal, pembuatan akun, hingga tahapan pelaksanaan. Informasi ini diharapkan dapat membantu peserta dalam mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk mengikuti kompetisi.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -
https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sl777/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sto2/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/thailand/