Info Sekolah
Minggu, 16 Jun 5765
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
5 Maret 2022

Pendidikan Karakter Sejak Dini untuk Membangun Bangsa yang Beadab

Sab, 5 Maret 2022 Dibaca 294x

MI NOR RAHMAN NEWS – Pendidikan merupakan hal yang memang dianggap penting di dunia. Sebab, dunia ini membutuhkan orang-orang yang memiliki pendidikan supaya bisa membangun negara yang maju. Namun tak hanya itu, pendidikan karakter juga perlu diutamakan karena orang-orang di zaman sekarang ini tidak hanya dinilai berdasarkan  betapa tinggi pendidikan atau gelar yang diraih, tapi juga karakter yang menjadi pembeda antara pribadi.

Sayangnya, proses pendidikan di sekolah kita saat ini bisa dibilang masih banyak yang mementingkan aspek kognitifnya saja,  ketimbang aspek psikomotoriknya. Tak sedikit guru di berbagai sekolah hanya sekedar mengejar sebagai formalitas, tanpa mengajarkan etika-etika baik yang harus dilakukan oleh siswa.

Di dalam buku mengenai Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligences), Daniel Goleman menjelaskan bahwa kecerdasan emosional dan sosial di dalam kehidupan dibutuhkan 80 %, sedangkan kecerdasan intelektual hanya 20 % saja. Artinya, pendidikan karakter sangat dibutuhkan untuk membangun kehidupan yang lebih baik dan lebih beradab, bukan kehidupan yang dipenuhi dengan kebiadaban.

Kedudukan karakter di dalam perjalanan setiap orang begitu penting. Dan pembentukan karakter sejak dini akan sangat menentukan seperti apa seseorang akan menjalani kehidupannya. Siapapun orangnya, apapun profesinya, orang yang mempunyai karakter positif pasti akan jauh lebih baik daripada orang yang minim karakter. Oleh karena itu, penanaman karakter secara konkret ini begitu diharapkan sejak dini. Sehingga harapannya bisa menjadi modal mereka di dalam menjalani hidup yang berliku.

Karakter yang sangat kuat, misalnya karakter berani dan tidak mudah menyerah akan sangat membantu siapa saja di dalam menjalani hidupnya. Karakter konkret tersebut selalu bisa memberikan manfaat di dalam beragam profesi, baik seorang pebisnis, pendidik, dan profesi yang lainnya.

Saat ini sudah terdapat sekolah-sekolah di Indonesia yang telah mengajarakan pendidikan karakter dan juga menjadi mata pelajaran khusus di sekolah yang bersangkutan. Para peserta didik diajarkan bagaimana bersikap yang patut kepada orang tua, kepada para guru, dan juga terhadap lingkungan.

Penerapan pendidikan karakter di sekolah, telah terbukti dapat mengembangkan semua potensi kecerdasan anak-anak didik. Dengan demikian dapat menjadikan mereka menjadi manusia yang dapat diandalkan untuk menjadi penerus bangsa. Sehingga nantinya negara dapat terbebas dari korupsi, ketidakadilan, dan masalah-masalah yang lainnya. Tak hanya itu, bangsa ini juga akan berpegang teguh kepada karakter yang kuat dan beradab.

Memang mendidik karakter tidak semudah itu seperti membalikkan telapak tangan. Maka dari itu, mari ajarkan kepada anak bangsa pendidikan karakter sedini mungkin.

Untuk menciptakan peradaban bangsa yang unggul, diperlukan pengoptimalan pendidikan karakter dengan nilai-nilai luhur yang berkaitan dengan pendidikan, keluarga, dan masyarakat. Sehingga nantinya nilai-nilai luhur tersebut dapat menjadi suatu kebiasaan.

Tentu saja pengoptimalan karakter ini diperlukan dukungan dari pemerintah berupa kebijakan, sarana prasarana, komitmen pemangku kepentingan, lingkungan, pedoman, dan lain sebagainya. Semuanya akan berjalan sempurna bila didasari dengan jiwa perjuangan dan pengabdian (patriotisme dan nasionalisme) terhadap tanah air kita Indonesia.

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -
https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/