Info Sekolah
Selasa, 25 Jun 2024
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
10 Februari 2024

Sekolah Adiwiyata: Membangun Lingkungan Ramah Lingkungan di Jantung Pendidikan

Sab, 10 Februari 2024 Dibaca 237x

“Sekolah Adiwiyata: Membangun Lingkungan Ramah Lingkungan di Jantung Pendidikan”

 

Pendekatan ramah lingkungan telah menjadi perhatian utama dalam beberapa dekade terakhir, ketika dunia menyadari pentingnya pelestarian lingkungan hidup. Salah satu upaya untuk mewujudkannya adalah melalui program Sekolah Adiwiyata. Program ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.

 

Sekolah Adiwiyata adalah sebuah konsep pendidikan yang memberikan perhatian khusus pada isu-isu lingkungan hidup dan keberlanjutan. Melalui program ini, sekolah didorong dan didukung untuk mengimplementasikan prinsip-prinsip pelestarian lingkungan dalam kegiatan sehari-hari mereka. Dalam prosesnya, para siswa tidak hanya mempelajari teori, tetapi juga terlibat dalam tindakan nyata untuk menjaga dan melindungi lingkungan.

 

Salah satu inti dari program Sekolah Adiwiyata adalah pengelolaan lingkungan sekolah yang berkelanjutan. Hal ini meliputi pengelolaan limbah, penghematan energi, penghijauan, pertanian organik, dan pengurangan penggunaan air. Untuk mencapai tujuan ini, sekolah perlu melibatkan semua elemen komunitas sekolah, mulai dari siswa, guru, staf, hingga orang tua dan masyarakat sekitar.

 

Selain itu, program Sekolah Adiwiyata juga mendorong penerapan kurikulum yang berorientasi pada isu-isu lingkungan. Guru dituntut untuk mengintegrasikan pembelajaran tentang pelestarian lingkungan dalam semua mata pelajaran. Melalui pendekatan ini, siswa akan memahami bagaimana tindakan mereka dapat mempengaruhi lingkungan dan belajar untuk mengambil keputusan yang bertanggung jawab terhadap lingkungan.

 

Selain mendapatkan manfaat dalam hal pelestarian lingkungan, Sekolah Adiwiyata juga memberikan dampak positif dalam pengembangan karakter siswa. Program ini mengajarkan nilai-nilai seperti tanggung jawab, kepedulian, kerjasama, ketahanan, dan keadilan. Siswa didorong untuk menjadi agen perubahan di lingkungan mereka sendiri dan menjadi pemimpin masa depan yang peduli pada lingkungan.

 

Melalui program Sekolah Adiwiyata, kita melihat harapan cerah bagi masa depan pendidikan di Indonesia. Sekolah bukan lagi sekadar tempat mendapatkan pengetahuan akademik, tetapi juga bertindak sebagai lembaga pembentukan karakter dan kesadaran lingkungan. Para siswa akan menjadi generasi yang paham betapa pentingnya menjaga dan merawat lingkungan, mengubah pola pikir konsumtif menjadi tindakan yang berkelanjutan, dan membawa perubahan positif bagi bumi kita.

 

Dalam rangka mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, program Sekolah Adiwiyata memberikan kontribusi nyata dan menginspirasi sekolah-sekolah di seluruh Indonesia serta dunia lainnya untuk mengikuti jejak mereka. Sekolah Adiwiyata membawa harapan bagi masa depan yang lebih baik, di mana harmoni antara manusia dan alam dapat terwujud melalui pendidikan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -
https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sl777/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sto2/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/thailand/