Info Sekolah
Senin, 26 Feb 2024
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
18 Februari 2023

Manfaatkan Kardus Bekas, Murid MIS Nor Rahman Buat Bingkai Foto

Sab, 18 Februari 2023 Dibaca 225x Adiwiyata / Berita

MI NOR RAHMAN NEWS – Untuk merubah pola pikir anak tentang pembelajaran SBdP yang hanya menggambar, mewarna, dan bernyanyi saja, guru Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nor Rahman Kota Banjarmasin mengajak murid memanfaatkan kardus bekas dan bahan sekitar untuk membuat bingkai foto yang indah, Jum’at (17/02/23) di ruang kelas.

Wali kelas II B Muslihah,S.Pd.I yang menugaskan serta membimbing kegiatan tersebut mengatakan biasanya kardus bekas yang menumpuk di rumah akan dibuang ke tempat sampah, begitu juga sebaliknya daun-daun dan bijian-bijian di halaman yang disapu lalu di buang ke tempat sampah.

Padahal jelasnya dari bahan-bahan tersebut dapat dibuat sebuah hand made yang berkualitas. “Untuk itu saya coba mengasah kreativitas mereka dengan membimbing membuat bingkai foto berbahan kardus bekas” katanya.

Untuk itu terangnya, untuk menumbuhkan inovasi dan kreativitas anak, mereka ditugaskan membuat bingkai foto sesuai dengan imajinasinya dan tentunya perlu bimbingan dari guru yang secara langsung mengawasinya.

Muslihah menambahkan tujuan membuat bingkai foto selain mengasah dan mengembangkan kemampuan para siswa, hal ini juga untuk menghilangkan kejenuhan siswa dalam belajar. “Saya mencoba membimbing mereka membuat kerajinan hiasan dinding berupa bingkai foto yang indah agar menambah wawasan baru untuk anak-anak,” katanya.

Muslihah menjelaskan alat yang diperlukan dalam membuat bingkai foto tersebut adalah kertas kado, gunting, lem, penggaris dan pensil. “Para siswa dibagi menajdi beberapa kelompok dan mereka diminta untuk membawa alat yang dibutuhkan dalam membuat bingkai foto,” tambahnya.

Lebih lanjut muslihah menyampaikan, para siswa antusias membuat bingkai foto, bahkan dalam waktu singkat salah satu kelompok berhasil membuat bingkai foto yang indah dan cantik. “Biasanya untuk kegiatan mengasah kreativitas siswa lebih bersemangat belajar,” ujarnya.

Muslihah mengharapkan selain membuat bingkai foto tersebut, nantinya murid-muridnya dapat menambah kreativitasnya dan bisa memanfaatkan barang yang ada di lingkungan sekitar untuk dijadikan barang yang berkualitas dan dimanfaatkan kembali.

“Semoga dengan selesainya tugas yang diberikan yaitu membuat bingkai foto, tidak menutup mereka untuk berhenti mengembangkan keterampilannya lagi sehingga mereka lebih berkreasi dan produktif lagi,” harapnya.

Salah seorang siswi Nazla Rahmini terlihat sangat antusias dan bersemangat menyelesaikan keterampilan tersebut bersama teman kelompoknya. “Kami sangat menyukai kegiatan seperti ini kerena dapat menambah wawasan dan kreativitas kami dalam memanfaatkan kertas kartun menjadi sesuatu yang cantik dan menarik,” pungkasnya.

Artikel ini memiliki

2 Komentar

Semoga pembelajaran yg seperti ini akan berkelanjutan dan bukan hanya di kelas 2B saja, karena saat ini kita sudah merdeka belajar dimana peserta didik yg menjadi tokoh utama dalam proses mencipta dan praktik langsung agar bisa menerapkan keilmuan yg tepat guna, guru hanya fasiltator yg ada dibalik layar

Tinggalkan Komentar

 

Februari 2024
M S S R K J S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -