Info Sekolah
Minggu, 15 Jun 8588
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
10 Juni 2024

MIS Nor Rahman Banjarmasin Adakan Upacara Bendera: Guru Aqidah Akhlak Ajak Siswa Syukuri Kesehatan

Sen, 10 Juni 2024 Dibaca 20x Berita

Banjarmasin, 10 Juni 2024 – Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nor Rahman Banjarmasin kembali melaksanakan upacara bendera pada Senin pagi (10/06/24) di halaman madrasah. Upacara yang diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan staf tersebut berlangsung dengan penuh khidmat dan semangat kebangsaan yang tinggi.

Sebagai pembina upacara, Guru Aqidah Akhlak, Sarpala Hasan, S.Pd.I., memberikan amanah yang inspiratif. Dalam amanahnya, Hasan mengajak seluruh siswa untuk senantiasa bersyukur atas nikmat kesehatan yang diberikan oleh Allah SWT. Ia juga memberikan penjelasan mendalam mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan makna dari kata “SEHAT”.

Hasan mengawali amanahnya dengan mengingatkan pentingnya rasa syukur dalam kehidupan sehari-hari. “Kesehatan adalah nikmat yang sering kali kita lupakan. Kita hanya akan menyadari betapa berharganya kesehatan ketika kita jatuh sakit. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu bersyukur atas kesehatan yang kita miliki setiap hari,” ujar Hasan dengan penuh semangat.

Ia juga menekankan bahwa kesehatan adalah aset utama yang harus dijaga dan dihargai. Hasan menjelaskan bahwa kata “SEHAT” bukan sekadar akronim biasa, tetapi memiliki makna mendalam yang perlu dipahami oleh setiap orang. “SEHAT” memiliki lima komponen utama yang harus dijaga, yaitu:

  1. SSenyum: Senyum adalah awal dari kebahagiaan. Dengan tersenyum, kita tidak hanya membuat diri kita lebih bahagia, tetapi juga orang-orang di sekitar kita.
  2. EEnergi: Energi yang positif membantu kita untuk menjalani hari dengan lebih baik dan produktif. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga energi dengan pola hidup sehat.
  3. HHati: Hati yang bersih dan bebas dari kebencian akan membuat hidup kita lebih tenang dan damai. Jaga hati dengan selalu berpikir positif dan ikhlas dalam menjalani kehidupan.
  4. AAktif: Aktivitas fisik sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Lakukan olahraga secara rutin untuk menjaga tubuh tetap bugar.
  5. TTaqwa: Kesehatan rohani juga tidak kalah penting. Dengan meningkatkan ketaqwaan dan mendekatkan diri kepada Allah, kita akan mendapatkan ketenangan jiwa dan pikiran.

Selain memberikan amanah tentang kesehatan, Hasan juga mengingatkan para siswa untuk selalu menghormati guru dan orang tua, serta meningkatkan disiplin dalam belajar. “Disiplin adalah kunci sukses. Tanpa disiplin, semua usaha kita akan sia-sia. Oleh karena itu, mari kita jadikan disiplin sebagai bagian dari kehidupan kita sehari-hari,” tambahnya.

Upacara bendera di MIS Nor Rahman Banjarmasin ini juga diisi dengan berbagai kegiatan yang menumbuhkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Para siswa dengan penuh antusias menyanyikan lagu-lagu kebangsaan dan mengikuti setiap rangkaian upacara dengan tertib.

Kepala Madrasah, Zaini, M.Pd., dalam sambutannya mengapresiasi semangat para siswa yang selalu aktif mengikuti kegiatan upacara bendera. “Kegiatan ini adalah bagian dari pendidikan karakter yang kami tanamkan kepada para siswa. Kami berharap, melalui kegiatan ini, siswa dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan semangat patriotisme,” ujar Zaini.

Dengan berakhirnya upacara bendera, kegiatan di MIS Nor Rahman Banjarmasin dilanjutkan dengan pembelajaran seperti biasa. Namun, amanah yang disampaikan oleh Hasan diharapkan dapat menjadi bekal berharga bagi para siswa dalam menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih sehat dan bermakna.

Upacara bendera yang diadakan rutin setiap hari Senin ini tidak hanya menjadi ajang untuk memperkuat semangat kebangsaan, tetapi juga sarana bagi para guru untuk memberikan motivasi dan inspirasi kepada siswa dalam menjalani kehidupan yang lebih baik dan bermakna.

Artikel Lainnya

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -
https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/