Info Sekolah
Senin, 26 Feb 2024
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
13 Maret 2023

Pembina Ingatkan Siswa Untuk Meletakkan Akhlak Di Atas Ilmu

Sen, 13 Maret 2023 Dibaca 129x Berita

MI NOR RAHMAN NEWS – Banjarmasin ( MIS Nor Rahman ) -“Letakkan akhlak di atas ilmu,” kata pembina upacara bendera Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nor Rahman, Sarpala Hasan, S.Pd.I, Senin (13/03/23) di halaman utama madrasah.

Diamanatnya di depan seluruh peserta upacara Hasan menjelaskan bahwa umat Islam wajib memiliki akhlak untuk kesempurnaan ilmu. Salah satu aspek yang paling mendapat perhatian dalam Islam adalah akhlak, bahkan umat Islam wajib mendahulukan akhlak sebelum menuntut Ilmu.

“Islam memang memuliakan orang yang berilmu, bahkan salah satu hadits sahih mewajibkan umat Islam untuk menuntut Ilmu, namun Islam juga mensyaratkan akhlak untuk kesempurnaan ilmu,” kata Hasan.

Selanjutnya Hasan mengatakan bahwa akhlak hendaknya dijadikan pijakan utama bagi setiap muslim dalam berbagai hal, baik yang terkait dengan dirinya maupun orang lain. akhlak adalah pembeda antara pintar dan benar,

“Orang yang berilmu tentulah pintar, namun jika tidak melengkapi dirinya dengan akhlak belum tentu kepintarannya dapat mengantarkannya pada kebenaran, sebagai contoh seorang pemimpin tentulah orang yang pintar, namun jika dia tidak memiliki akhlak maka bisa saja terjerumus dalam praktik korupsi,” katanya.

Lebih lanjut, Hasan mengharapkan kepada seluruh siswa madrasah agar lebih mengedepankan akhlak sebelum menuntut ilmu. Sebab, salah satu fungsi akhlak adalah membentengi diri dari berbagai macam godaan, misalnya sifat sombong.

“Orang berilmu namun minim akhlak cenderung merasa sudah mengetahui segalanya padahal ilmu yang dimilikinya masih sangat sedikit,” katanya.

Selain itu Hasan mengingatkan siswa untuk tetap menaati tata tertib madrasah yang sudah disosialisasikan”Datanglah lebih awal jangan sampai terlambat datang ke sekolah”imbau Hasan.

Diakhir amanatnya Hasan menambahkan agar siswa selalu melengkapi diri masing-masing dengan akhlak, sebab hanya dengan cara itu, ilmu yang dimiliki dapat memberi kebaikan untuk diri sendiri dan orang lain.

“Jadikan pula akhlak sebagai ukuran dalam menilai keilmuan seseorang, jangan sampai kita terperosok dalam lubang kelam akibat salah memilih panutan. Jika ilmu adalah cahaya, maka akhlaklah penyempurnanya,” pungkasnya.

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Februari 2024
M S S R K J S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -