Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas I sekolah dasar bertujuan untuk mengenalkan siswa pada bunyi huruf, kata, dan kalimat sederhana. Bab 1 dari buku “Bahasa Indonesia: Aku Bisa!” berjudul “Bunyi Apa?” memberikan dasar-dasar bagi siswa untuk melafalkan huruf, membaca suku kata, dan menulis nama mereka sendiri. Bab ini penting untuk membangun fondasi literasi awal pada anak-anak.
Pembelajaran dimulai dengan pengenalan bunyi huruf. Siswa diajak untuk melafalkan huruf-huruf dalam alfabet, baik huruf kapital maupun huruf kecil. Latihan ini penting untuk mengenalkan siswa pada bentuk dan bunyi huruf yang berbeda.
Siswa diajarkan membaca suku kata yang diawali dengan huruf ‘b’, seperti “ba”, “bi”, “bu”, “be”, dan “bo”. Latihan ini membantu siswa mengenali dan melafalkan suku kata dengan benar.
Contoh suku kata:
Setelah mengenal huruf dan suku kata, siswa diajak untuk menulis nama mereka sendiri. Guru memberikan bimbingan langkah demi langkah untuk memastikan siswa dapat menulis dengan benar.
Selain latihan membaca dan menulis, siswa juga diajak untuk melakukan aktivitas pendukung seperti membuat kartu nama dan bermain dengan kartu kata. Aktivitas ini dirancang untuk membuat pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan.
Evaluasi dilakukan melalui observasi langsung saat siswa melakukan aktivitas membaca, menulis, dan berbicara. Guru juga dapat menggunakan lembar kerja yang berisi latihan menulis suku kata dan nama untuk menilai pemahaman siswa.
Dewayani, S., Kurniawan, H., Marlia, L., & Najoan, C. A. (2021). Bahasa Indonesia: Aku Bisa! Untuk SD Kelas I. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Dengan pendekatan yang interaktif dan berfokus pada aktivitas praktis, Bab 1 dari buku “Bahasa Indonesia: Aku Bisa!” memberikan dasar yang kuat bagi siswa kelas I untuk mulai mengenal dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik.
Tinggalkan Komentar