Info Sekolah
Jumat, 18 Okt 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
20 September 2024

Matematika Itu Seru: Mengasah Kemampuan Bilangan Cacah!

Jum, 20 September 2024 Dibaca 97x

Pendahuluan

Pada bab ini, siswa kelas 3 SD akan mempelajari bilangan cacah hingga 1000, yang mencakup cara membaca, menulis, membandingkan, dan mengurutkan bilangan. Selain itu, mereka juga akan belajar operasi dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Soal-soal yang disajikan bertujuan untuk mengasah keterampilan berpikir logis siswa sekaligus menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa soal akan dibuat dalam bentuk soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) untuk menantang kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Soal Pilihan Ganda

  1. Bilangan yang lebih besar dari 198 tetapi lebih kecil dari 205 adalah …
    • A. 196
    • B. 200
    • C. 207
    • D. 210
      Jawaban: B. 200
      Pembahasan: Bilangan yang berada di antara 198 dan 205 adalah 199, 200, 201, 202, 203, dan 204. Oleh karena itu, jawabannya adalah 200.
  2. 475 jika diurai menurut nilai tempatnya adalah …
    • A. 400 + 50 + 7
    • B. 400 + 70 + 5
    • C. 400 + 70
    • D. 400 + 5
      Jawaban: B. 400 + 70 + 5
      Pembahasan: Dalam bilangan 475, angka 4 menunjukkan ratusan, 7 menunjukkan puluhan, dan 5 menunjukkan satuan.
  3. Bilangan 735 dibaca …
    • A. Tujuh ratus tiga lima
    • B. Tujuh ratus tiga puluh lima
    • C. Tiga ratus lima puluh tujuh
    • D. Lima ratus tiga puluh tujuh
      Jawaban: B. Tujuh ratus tiga puluh lima
      Pembahasan: Bilangan 735 dibaca sebagai tujuh ratus tiga puluh lima.
  4. Hasil dari 324 + 276 adalah …
    • A. 600
    • B. 598
    • C. 610
    • D. 614
      Jawaban: C. 600
      Pembahasan: 324 + 276 = 600.
  5. Bilangan yang paling besar adalah …
    • A. 432
    • B. 523
    • C. 431
    • D. 422
      Jawaban: B. 523
      Pembahasan: Di antara bilangan-bilangan tersebut, bilangan terbesar adalah 523.
  6. Hasil dari pengurangan 853 – 429 adalah …
    • A. 424
    • B. 430
    • C. 421
    • D. 425
      Jawaban: A. 424
      Pembahasan: 853 – 429 = 424.
  7. Hasil perkalian dari 8 x 7 adalah …
    • A. 56
    • B. 64
    • C. 49
    • D. 63
      Jawaban: A. 56
      Pembahasan: 8 x 7 = 56.
  8. Bilangan 912 lebih besar dari …
    • A. 920
    • B. 910
    • C. 930
    • D. 940
      Jawaban: B. 910
      Pembahasan: Bilangan 912 lebih besar dari 910.
  9. Jika Alfa memiliki 8 buku, dan dia memberikan 3 buku kepada temannya, maka sisa buku Alfa adalah …
    • A. 3
    • B. 5
    • C. 7
    • D. 6
      Jawaban: B. 5
      Pembahasan: 8 – 3 = 5.
  10. Hasil dari 50 ÷ 5 adalah …
    • A. 5
    • B. 10
    • C. 15
    • D. 20
      Jawaban: B. 10
      Pembahasan: 50 ÷ 5 = 10.
  11. Bilangan ganjil yang terdekat dengan 495 adalah …
    • A. 496
    • B. 494
    • C. 493
    • D. 491
      Jawaban: C. 493
      Pembahasan: Bilangan ganjil terdekat dengan 495 adalah 493.
  12. Jika kita membagi 36 dengan 4, hasilnya adalah …
    • A. 8
    • B. 9
    • C. 6
    • D. 7
      Jawaban: B. 9
      Pembahasan: 36 ÷ 4 = 9.
  13. Hasil dari 300 + 250 adalah …
    • A. 500
    • B. 550
    • C. 600
    • D. 650
      Jawaban: B. 550
      Pembahasan: 300 + 250 = 550.
  14. Bilangan yang lebih kecil dari 100 tetapi lebih besar dari 90 adalah …
    • A. 80
    • B. 95
    • C. 85
    • D. 105
      Jawaban: B. 95
      Pembahasan: Bilangan antara 90 dan 100 adalah 91, 92, 93, 94, 95, 96, 97, 98, dan 99.
  15. Penjumlahan dari 12 + 34 + 56 adalah …
    • A. 100
    • B. 102
    • C. 90
    • D. 98
      Jawaban: B. 102
      Pembahasan: 12 + 34 + 56 = 102.
  16. Berapakah hasil kali dari 6 x 5 …
    • A. 30
    • B. 35
    • C. 25
    • D. 40
      Jawaban: A. 30
      Pembahasan: 6 x 5 = 30.
  17. Nilai tempat angka 5 dalam bilangan 452 adalah …
    • A. Ratusan
    • B. Puluhan
    • C. Satuan
    • D. Ribuan
      Jawaban: B. Puluhan
      Pembahasan: Angka 5 berada di posisi puluhan.
  18. Urutan dari yang terbesar adalah …
    • A. 435, 420, 410
    • B. 410, 420, 435
    • C. 420, 410, 435
    • D. 435, 410, 420
      Jawaban: A. 435, 420, 410
      Pembahasan: Urutan terbesar ke terkecil adalah 435, 420, 410.
  19. Hasil dari 100 – 75 adalah …
    • A. 15
    • B. 20
    • C. 25
    • D. 30
      Jawaban: C. 25
      Pembahasan: 100 – 75 = 25.
  20. Berapakah hasil dari 60 ÷ 6 …
    • A. 6
    • B. 8
    • C. 10
    • D. 12
      Jawaban: C. 10
      Pembahasan: 60 ÷ 6 = 10.
  21. Jika 250 + 50 = …
    • A. 100
    • B. 250
    • C. 300
    • D. 350
      Jawaban: C. 300
      Pembahasan: 250 + 50 = 300.
  22. Bilangan genap terdekat dengan 89 adalah …
    • A. 88
    • B. 90
    • C. 92
    • D. 87
      Jawaban: B. 90
      Pembahasan: Bilangan genap yang terdekat dengan 89 adalah 90.
  23. Urutan dari bilangan terkecil adalah …
    • A. 320, 310, 300
    • B. 300, 310, 320
    • C. 310, 300, 320
    • D. 320, 300, 310
      Jawaban: B. 300, 310, 320
      Pembahasan: Urutan dari terkecil ke terbesar adalah 300, 310, 320.
  24. Berapakah hasil dari 72 ÷ 9 …
    • A. 9
    • B. 8
    • C. 7
    • D. 6
      Jawaban: B. 8
      Pembahasan: 72 ÷ 9 = 8.
  25. Bilangan genap adalah …
    • A. 435
    • B. 642
    • C. 777
    • D. 551
      Jawaban: B. 642
      Pembahasan: Bilangan genap adalah bilangan yang dapat dibagi 2, yaitu 642.

Soal Isian

  1. 567 dibaca … Jawaban: Lima ratus enam puluh tujuh.
  2. Hasil dari 74 + 26 adalah … Jawaban: 100.
  3. Nilai tempat dari angka 8 dalam 785 adalah … Jawaban: Puluhan.
  4. 900 – 450 = … Jawaban: 450.
  5. Bilangan sebelum 678 adalah … Jawaban: 677.
  6. Hasil dari 12 x 5 adalah … Jawaban: 60.
  7. Bilangan yang lebih besar dari 399 adalah … Jawaban: 400.
  8. Hasil pembagian dari 48 ÷ 6 adalah … Jawaban: 8.
  9. 9 x 7 = … Jawaban: 63.
  10. 54 dibagi 9 sama dengan … Jawaban: 6.

Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills)

  1. Galih memiliki 352 kelereng, kemudian dia membeli 128 kelereng lagi. Setelah itu, dia memberikan 45 kelereng kepada adiknya. Berapa jumlah kelereng Galih sekarang?
    Jawaban: 352 + 128 – 45 = 435
    Pembahasan: Pertama-tama, kita tambahkan kelereng yang dibeli Galih dengan kelereng yang sudah dimilikinya, yaitu 352 + 128 = 480. Lalu, kita kurangi jumlah tersebut dengan kelereng yang diberikan kepada adiknya, yaitu 480 – 45 = 435. Jadi, jumlah kelereng Galih sekarang adalah 435.
  2. Toko A menjual 5 buku dengan harga Rp10.000,00 per buku. Toko B menawarkan diskon 20% untuk pembelian buku yang sama dengan harga normal Rp12.000,00 per buku. Jika kamu ingin membeli 5 buku, di mana kamu sebaiknya membeli dan berapa total yang harus dibayarkan?
    Jawaban: Sebaiknya membeli di Toko A dengan total Rp50.000,00.
    Pembahasan: Di Toko A, harga 5 buku adalah 5 x Rp10.000,00 = Rp50.000,00. Di Toko B, setelah diskon 20%, harga buku menjadi Rp12.000,00 x 80% = Rp9.600,00. Jadi, harga 5 buku di Toko B adalah 5 x Rp9.600,00 = Rp48.000,00. Total yang harus dibayarkan di Toko B lebih murah, yaitu Rp48.000,00. Namun, pilihannya tetap bergantung pada preferensi diskon dan harga.
  3. Jika sebuah kotak berisi 7 buah apel dan ada 6 kotak yang sama, berapa banyak apel yang harus dipindahkan jika kamu ingin membagi apel secara merata ke 4 kotak?
    Jawaban: 10 apel.
    Pembahasan: Jumlah apel di 6 kotak = 6 x 7 = 42 apel. Jika ingin dibagi merata ke 4 kotak, maka setiap kotak harus memiliki 42 ÷ 4 = 10,5 apel. Karena tidak bisa setengah apel, maka setiap kotak bisa diisi 10 apel, sehingga perlu memindahkan 42 – (4 x 10) = 2 apel ke kotak yang tidak memiliki apel lebih.
  4. Putu menabung selama 5 bulan. Setiap bulan dia menabung Rp20.000,00. Pada bulan terakhir, dia menambah tabungannya sebesar Rp10.000,00. Berapa total uang yang Putu tabung?
    Jawaban: Rp110.000,00.
    Pembahasan: Putu menabung Rp20.000,00 setiap bulan selama 5 bulan, namun pada bulan terakhir dia menambah Rp10.000,00. Jadi, totalnya adalah 4 bulan x Rp20.000,00 + Rp30.000,00 = Rp110.000,00.
  5. Alen membeli 5 bungkus permen. Setiap bungkus berisi 12 permen. Jika dia memberikan 8 permen kepada Galih, berapa permen yang tersisa untuk Alen?
    Jawaban: 52 permen.
    Pembahasan: Total permen yang dimiliki Alen adalah 5 x 12 = 60 permen. Setelah memberikan 8 permen kepada Galih, sisa permen Alen adalah 60 – 8 = 52 permen.
  6. Andi memiliki 36 buah kue yang ingin dibagikan secara merata kepada 4 temannya. Setiap teman akan mendapatkan berapa buah kue?
    Jawaban: 9 buah kue.
    Pembahasan: Jumlah kue dibagi jumlah teman, yaitu 36 ÷ 4 = 9. Jadi, setiap teman akan mendapatkan 9 buah kue.
  7. Jumlah panjang tiga buah tali adalah 900 cm. Jika tali pertama panjangnya 400 cm dan tali kedua panjangnya 250 cm, berapa panjang tali ketiga?
    Jawaban: 250 cm.
    Pembahasan: Panjang total tali adalah 900 cm. Jika tali pertama dan kedua masing-masing 400 cm dan 250 cm, maka panjang tali ketiga adalah 900 – (400 + 250) = 250 cm.
  8. Di sebuah taman ada 12 pohon apel dan 9 pohon jeruk. Setiap pohon apel menghasilkan 7 buah apel dan setiap pohon jeruk menghasilkan 5 buah jeruk. Berapa total buah yang dihasilkan oleh semua pohon di taman itu?
    Jawaban: 129 buah.
    Pembahasan: Total buah apel = 12 x 7 = 84 buah. Total buah jeruk = 9 x 5 = 45 buah. Jadi, total buah dari semua pohon adalah 84 + 45 = 129 buah.
  9. Jika ada 48 siswa dalam satu kelas dan mereka dibagi ke dalam 6 kelompok dengan jumlah siswa yang sama, berapa siswa dalam setiap kelompok?
    Jawaban: 8 siswa.
    Pembahasan: Jumlah siswa dibagi jumlah kelompok, yaitu 48 ÷ 6 = 8. Jadi, setiap kelompok terdiri dari 8 siswa.
  10. Sebuah mobil berjalan dengan kecepatan 60 km/jam. Jika mobil itu berjalan selama 3 jam, berapa jarak yang sudah ditempuh mobil tersebut?
    Jawaban: 180 km.
    Pembahasan: Jarak tempuh dihitung dengan rumus jarak = kecepatan x waktu. Jadi, jarak = 60 km/jam x 3 jam = 180 km.
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Oktober 2024
M S S R K J S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031