Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
29Sep2024

Strategi Cerdas Mengelola Kelas: Review Buku yang Menginspirasi Guru Modern

Setelah membaca buku Cerdas Pengelolaan Kelas karya Erwin Widiasworo, saya menemukan beberapa hal baru yang penting untuk dicerna dan diaplikasikan oleh para guru, terutama dalam upaya meningkatkan efektivitas pengelolaan kelas. Buku ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana seorang guru bisa memaksimalkan perannya dalam proses pembelajaran, mulai dari mengelola suasana kelas, menyusun strategi pembelajaran, hingga membangun hubungan yang baik dengan siswa. Berikut beberapa hal baru yang saya temukan:

Pertama, buku ini menekankan bahwa disiplin diri sangat penting dalam manajemen kelas. Tidak hanya siswa yang dituntut untuk disiplin, tetapi juga guru. Guru harus menjadi teladan dalam hal disiplin karena tingkah laku guru, baik di dalam maupun di luar sekolah, sangat diperhatikan oleh siswa. Ini menjadi pelajaran penting bahwa pengelolaan kelas tidak hanya terbatas pada pengendalian siswa, tetapi juga melibatkan sikap dan perilaku guru.

Selanjutnya, buku ini menguraikan pentingnya pendekatan yang bervariasi dalam mengelola kelas. Di tengah perkembangan teknologi dan perubahan karakteristik siswa yang semakin kritis, guru dituntut untuk memiliki pemahaman yang luas dan wawasan yang baik. Tidak hanya harus menguasai materi pembelajaran, tetapi juga cara penyampaiannya yang menarik. Guru dianjurkan untuk menggunakan model dan metode pembelajaran yang beragam, seperti belajar sambil bermain atau menyelipkan humor di tengah pembelajaran. Hal ini penting agar siswa tidak merasa bosan dan tetap termotivasi untuk belajar.

Selain itu, saya juga menemukan konsep moving class sebagai sistem pembelajaran yang menarik. Dalam sistem ini, siswa berpindah kelas sesuai dengan mata pelajaran yang akan dipelajari. Penataan kelas berdasarkan bidang studi ini menawarkan suasana yang lebih dinamis dan menantang bagi siswa, sehingga mereka lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran.

Akhirnya, buku ini membahas tentang pentingnya memecahkan berbagai masalah yang mungkin muncul di kelas, baik masalah dari siswa, sarana, maupun keterbatasan lainnya. Hal ini mengajarkan saya bahwa pengelolaan kelas bukan hanya tentang menjaga ketertiban, tetapi juga tentang bagaimana menghadapi tantangan dengan solusi yang kreatif dan efektif.

Secara keseluruhan, buku ini memberikan pandangan baru bahwa pengelolaan kelas yang baik membutuhkan keterampilan yang luas, tidak hanya dalam mendisiplinkan siswa, tetapi juga dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menarik

Referensi : https://elvianasarfin.blogspot.com/2018/09/resensi-buku-judul-buku-cerdas_20.html

Dibaca 42x
Lainnya
Oktober 2024
M S S R K J S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031