Info Sekolah
Selasa, 25 Jun 2024
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
1 Agustus 2022

10 Adab dan Etika Seorang Murid Terhadap Guru di dalam Ruang Kelas Saat Pembelajaran Berlangsung

Sen, 1 Agustus 2022 Dibaca 828x

MI NOR RAHMAN NEWS –

Proses pembelajaran didalam ruang kelas sekolah akan menjadi menarik jika hubungan dan komunikasi antara guru dan murid berjalan dengan baik.

Dalam hubungan dan komunikasi dalam antara guru dan murid disuatu pembelajaran sekolah harus tetap mengedepankan adab dan etika.

Adapun adab dan etika yang harus diperhatikan seorang murid terhadap guru adalah sebagai berikut:

1. Mendahului Berucap Salam Seorang murid hendaknya mendahului berucap salam kepada guru. Hal ini sejalan dengan hadits Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim bahwa yang kecil memberi salam kepada yang besar

2. Tidak banyak Berbicara di depan Guru. Banyak berbicara bisa berarti merasa lebih tahu dari pada orang-orang di sekitarnya. Apabila hal ini dilakukan di depan guru, maka bisa menimbulkan kesan seolah-seolah murid lebih tahu dari pada gurunya. Hal ini tidak baik dilakukan kecuali atas perintah guru

 

3. Berdiri Ketika Guru Berdiri. Bila guru berdiri, murid sebaiknya lekas berdiri juga. Hal ini tidak hanya penting kalau-kalau guru memerlukan bantuan sewaktu-waktu, misalnya uluran tangan agar segera bisa tegak berdiri, tetapi juga merupakan sopan santun yang terpuji. Demikian pula jika guru duduk sebaiknya murid juga duduk.

 

4. Tidak Mengatakan kepada Guru, “Pendapat fulan Berbeda dengan Pendapat Anda “Ketika guru memberikan suatu penjelasan yang berbeda dengan apa yang pernah dijelaskan oleh orang lain, sebaiknya murid tidak langsung menyangkal penjelasan guru. Sebaiknya murid meminta izin terlebih dahulu untuk menyampaikan pendapat orang lain yang berbeda. Jika guru berkenan, murid tentu boleh menyampaikan hal itu.

 

5. Tidak Bertanya-tanya kepada teman duduknya sewaktu Guru di dalam Majelis.

Dalam majlis ta’lim atau kegiatan belajar mengajar di kelas, murid hendaknya bertanya kepada guru ketika ada hal yang belum jelas. Hal ini tentu lebih baik daripada bertanya kepada teman di sebelahnya. Lebih memilih bertanya kepada teman dan bukannya langsung kepada guru bisa membuat perasaan guru kurang nyaman.

 

6. Tidak Mengumbar Senyum berlebihan ketika berbicara kepada Guru. Guru tidak sama dengan teman, dan oleh karenanya tidak bisa disetarakan dengan teman. Seorang murid harus memosisikan guru lebih tinggi dari teman sendiri sehingga ketika berbicara dengan guru tidak boleh sambil tertawa atau bersenyum yang berlebihan.

7. Tidak Menunjukkan Secara Terang-Terangan Karena Perbedaan Pendapat dengan Guru Bisa saja seorang murid memiliki pendapat yang berbeda dengan guru. Jika ini memang terjadi, murid tidak perlu mengungkapkannya secara terbuka sehingga diketahui orang banyak. Lebih baik murid meminta komentar sang guru tentang pendapatnya yang berbeda. Cara ini lebih sopan dari pada menunjukkan sikap kontra dengan guru di depan teman-teman.

8. Tidak Menarik Pakaian Guru Ketika Berdiri. Ketika guru hendak berdiri dari posisi duduk
mungkin ia membutuhkan bantuan karena kondisinya yang sudah agak lemah. Dalam
keadaan seperti ini, murid jangan sekali-kali menarik baju guru dalam rangka memberikan bantuan tenaga. la bisa berjongkok untuk menawarkan pundaknya sebagai tumpuan untuk berdiri; atau sesuai arahan guru.

9.Tidak Menanyakan suatu Masalah di tengah Perjalanan hingga Guru sampai di rumah
Jika ada suatu hal yang ingin ditanyakan kepada guru, terlebih jika itu menyangkut
pribadi guru, tanyakan masalah itu ketika telah sampai di rumah. Tentu saja ini berlaku
terutama kalau perjalanan dengan menaiki kendaraan umum.

10. Tidak Banyak Mengajukan Pertanyaan Kepada Guru Ketika Guru Sedang Lelah.

Dalam keadaan guru sedang lelah, seorang murid hendaknya tidak mengajukan banyak

pertanyaan yang membutuhkan jawaban pelik, misalnya. Dalam hal ini dikhawatirkan guru kurang berkenan menjawabnya sebab memang sedang lelah sehingga membutuhkan istirahat untuk memulihkan stamina.

Demikian 10 adab dan etika seorang murid terhadap guru di dalam ruang Kelas saat pembelajaran berlangsung.***

 

 

 

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -
https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sl777/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sto2/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/thailand/