Info Sekolah
Selasa, 17 Sep 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
28 Juli 2024

Gol Tunggal Alfharezzi Buffon Antar Indonesia ke Final Piala AFF U-19

Ming, 28 Juli 2024 Dibaca 64x

Surabaya – Timnas Indonesia U-19 berhasil melaju ke final Piala AFF U-19 atau ASEAN U-19 Boys Championship 2024 setelah gol tunggal Muhammad Alfharezzi Buffon pada menit ke-77 memastikan kemenangan 1-0 atas Malaysia U-19 dalam laga semifinal di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu malam.

Dalam pertandingan ini, Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, menurunkan dua striker sejak awal, yaitu Arkhan Kaka dan Jens Raven, dalam formasi 5-3-2. Indonesia mendapatkan peluang cepat pada menit ke-3 melalui sundulan Arkhan Kaka, namun bola belum tepat sasaran. Pada menit ke-11, Figo Dennis mencoba peruntungannya dengan tembakan jarak jauh, namun hasilnya masih meleset tipis di sisi kanan gawang Malaysia.

Indonesia mendominasi jalannya pertandingan, sementara Malaysia lebih mengandalkan serangan cepat ke sisi kanan pertahanan Indonesia yang dijaga Muhammad Mufli Hidayat. Dony Tri Pamungkas dan Kaka sempat bekerja sama di kotak penalti Malaysia pada menit ke-33, namun gagal menghasilkan gol setelah bek Malaysia menghalaunya.

Pada babak kedua, Indra Sjafri mengganti formasi menjadi 5-2-3 dengan memasukkan Riski Afrisal dan Arlyansyah Abdulmanan di sayap, menggantikan Kaka dan Figo. Pergantian ini membuahkan hasil pada menit ke-55 ketika Afrisal mendapatkan peluang mencetak gol, namun tendangannya masih bisa dihalau kiper Malaysia, Muhammad Haziq Aiman.

Akhirnya, pada menit ke-77, serangan Indonesia membuahkan gol. Berawal dari crossing Welber Jardim, terjadi kemelut di depan gawang Malaysia. Bola yang didapatkan Iqbal Gwijangge diblok oleh bek Malaysia, namun Muhammad Alfharezzi Buffon berada di posisi yang tepat untuk melakukan tembakan first time. Bola sempat membentur tiang gawang sebelum masuk ke gawang Malaysia setelah memantul ke kiper Haziq Aiman.

Indonesia menutup pertandingan dengan skor 1-0 dan melaju ke final untuk kedua kalinya dalam sejarah turnamen ini, setelah edisi 2013. Di final, Indonesia akan bertemu Thailand yang mengalahkan Australia 1-0 di semifinal lainnya. Final akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Senin (29/7) pukul 19.30 WIB, sementara Malaysia akan melawan Australia dalam perebutan tempat ketiga.

Selengkapnya dapat dibaca di ANTARA.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -