Info Sekolah
Selasa, 17 Sep 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
10 Agustus 2024

Kunci Jawaban Lengkap Modul 3.2 Konsep P5-PPRA: Pelatihan Microlearning PINTAR Kemenag 2024

Sab, 10 Agustus 2024 Dibaca 98x

Kunci Jawaban Modul 3.2 Konsep P5-PPRA – Bagian 2, Pelatihan Microlearning PINTAR Kemenag 2024

Modul 3.2 dalam Pelatihan Microlearning yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) membahas Konsep P5-PPRA, yang merupakan singkatan dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 9 hingga 13 Agustus 2024 dan berfokus pada penerapan kurikulum merdeka.

Pada akhir sesi Modul 3.2, peserta pelatihan diminta untuk menjawab beberapa soal. Berikut adalah beberapa kunci jawaban dari soal-soal tersebut:

  1. Dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila yang berfokus pada karakter berakhlak mulia dalam hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa: Jawaban: Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
  2. Panduan yang tidak termasuk dalam merencanakan dan melaksanakan P5-PPRA: Jawaban: Keputusan Kepala BSKAP Nomor 033/H/KR/2022.
  3. Definisi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin: Jawaban: Paradigma baru dalam kurikulum merdeka dengan pendekatan projek kontekstual berbasis kebutuhan masyarakat atau masalah di lingkungan madrasah yang bertujuan untuk mengamati penguatan kompetensi dan karakter Profil Pelajar Pancasila.
  4. Alur perkembangan Profil Pelajar Pancasila yang menjadi target akhir projek: Jawaban: Keputusan Kepala BSKAP Nomor 009/H/KR/2022.
  5. Prinsip yang berkaitan dengan keberagaman dalam pengembangan P5-PPRA: Jawaban: Keberagaman.
  6. Projek P5-PPRA sebagai aksi nyata: Jawaban: Menyelesaikan permasalahan kontekstual dalam rangka membentuk pelajar yang kompeten dan berkarakter.
  7. Nilai dalam Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin yang mencakup pemikiran kritis dan inovatif: Jawaban: Dinamis dan inovatif (tatawwur wa ibtikär).
  8. Sasaran fokus P5-PPRA yang tidak termasuk dalam tujuan projek: Jawaban: Membuat produk atau karya sebagai aksi nyata menyelesaikan permasalahan masyarakat atau lingkungan madrasah.
  9. Karakter dalam Profil Pelajar mencakup dimensi dan nilai: Jawaban: 6 dimensi, 10 nilai.
  10. Manfaat pengembangan dan pelaksanaan P5-PPRA yang tidak langsung dirasakan oleh guru: Jawaban: Meningkatkan keterlibatan masyarakat.
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -