Kunci Jawaban Modul 3.2 Konsep P5-PPRA – Bagian 2, Pelatihan Microlearning PINTAR Kemenag 2024
Modul 3.2 dalam Pelatihan Microlearning yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) membahas Konsep P5-PPRA, yang merupakan singkatan dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 9 hingga 13 Agustus 2024 dan berfokus pada penerapan kurikulum merdeka.
Pada akhir sesi Modul 3.2, peserta pelatihan diminta untuk menjawab beberapa soal. Berikut adalah beberapa kunci jawaban dari soal-soal tersebut:
- Dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila yang berfokus pada karakter berakhlak mulia dalam hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa: Jawaban: Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
- Panduan yang tidak termasuk dalam merencanakan dan melaksanakan P5-PPRA: Jawaban: Keputusan Kepala BSKAP Nomor 033/H/KR/2022.
- Definisi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin: Jawaban: Paradigma baru dalam kurikulum merdeka dengan pendekatan projek kontekstual berbasis kebutuhan masyarakat atau masalah di lingkungan madrasah yang bertujuan untuk mengamati penguatan kompetensi dan karakter Profil Pelajar Pancasila.
- Alur perkembangan Profil Pelajar Pancasila yang menjadi target akhir projek: Jawaban: Keputusan Kepala BSKAP Nomor 009/H/KR/2022.
- Prinsip yang berkaitan dengan keberagaman dalam pengembangan P5-PPRA: Jawaban: Keberagaman.
- Projek P5-PPRA sebagai aksi nyata: Jawaban: Menyelesaikan permasalahan kontekstual dalam rangka membentuk pelajar yang kompeten dan berkarakter.
- Nilai dalam Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin yang mencakup pemikiran kritis dan inovatif: Jawaban: Dinamis dan inovatif (tatawwur wa ibtikär).
- Sasaran fokus P5-PPRA yang tidak termasuk dalam tujuan projek: Jawaban: Membuat produk atau karya sebagai aksi nyata menyelesaikan permasalahan masyarakat atau lingkungan madrasah.
- Karakter dalam Profil Pelajar mencakup dimensi dan nilai: Jawaban: 6 dimensi, 10 nilai.
- Manfaat pengembangan dan pelaksanaan P5-PPRA yang tidak langsung dirasakan oleh guru: Jawaban: Meningkatkan keterlibatan masyarakat.
Tinggalkan Komentar