Info Sekolah
Kamis, 04 Jul 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
24 Maret 2024

Menghadapi Malam Lailatul Qadar: Panduan Amalan dan Doa yang Dianjurkan

Ming, 24 Maret 2024 Dibaca 108x

Salah satu momen istimewa dalam bulan Ramadan adalah keberadaan malam Lailatul Qadar yang dinanti-nantikan oleh umat Islam. Meskipun waktu pastinya tidak dijelaskan oleh Rasulullah SAW, para ulama memberikan panduan tentang amalan yang dianjurkan selama malam tersebut.

Dalam Kitab Al-Adzkar, Imam An-Nawawi merinci beberapa amalan yang sangat disarankan, termasuk doa istighfar: “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni” (Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, menyukai orang yang meminta ampunan, ampunilah aku). Selain itu, dianjurkan juga untuk membaca Al-Qur’an, berzikir, dan berdoa bagi kebaikan umat Islam.

Imam As-Syafi’i menyarankan agar amalan tersebut tidak hanya dilakukan di malam hari, tetapi juga diperbanyak di siang hari. Meskipun waktu pasti kedatangan Lailatul Qadar tidak diketahui, yang terpenting adalah melaksanakan amalan-amalan tersebut selama bulan Ramadan, terutama dalam sepuluh terakhir bulan tersebut.

Wallahu a‘lam. (Hengki Ferdiansyah)

Sumber: https://www.nu.or.id/ramadhan/amalan-rasulullah-di-malam-lailatul-qadar-GEl1p

___
Download NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap! https://nu.or.id/superapp (Android/iOS)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -
https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sl777/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sto2/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/thailand/