Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
6 Juli 2024

Menyambut Tahun Baru Hijriah: Doa Akhir dan Awal Tahun

Sab, 6 Juli 2024 Dibaca 27x

Sebentar lagi, tahun Hijriah akan berganti dari 1445 H ke 1446 H. Pergantian tahun ini biasanya disertai dengan doa khusus. Dilansir dari NU Online, Habib Utsman bin Yahya, seorang mufti Jakarta dari abad ke-19-20 M, dalam bukunya Maslakul Akhyar menyertakan doa akhir dan awal tahun.

Doa Akhir Tahun

Berikut adalah doa akhir tahun yang dianjurkan oleh Rasulullah saw. Doa ini dibaca tiga kali sebelum waktu Maghrib pada hari terakhir bulan Dzulhijjah.

اللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Terjemahannya:

“Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku di tahun ini, yang belum sempat aku tobatkan, dosa yang Engkau maafkan karena kemurahan-Mu, sementara Engkau mampu menghukumku. Aku juga memohon ampunan untuk perbuatan yang Kau perintahkan untuk bertobat darinya, namun aku melanggarnya. Ya Allah, terimalah perbuatan baik yang Kau ridhoi dan berikanlah pahala yang telah dijanjikan. Jangan putuskan harapanku pada-Mu, wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Doa Awal Tahun

Berikut ini adalah doa awal tahun yang dibaca untuk memohon rahmat, perlindungan, kesehatan, keharmonisan, keselamatan, kelapangan rezeki, jodoh, karir, wafat husnul khatimah, dan berbagai kebaikan lainnya.

اللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Terjemahannya:

“Ya Allah, Engkau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini telah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari godaan setan dan para pengikutnya di tahun ini. Aku juga memohon pertolongan-Mu untuk mengatasi nafsu yang sering mendorongku untuk berbuat jahat. Berikanlah bimbingan agar aktivitas sehari-hariku mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan yang Maha Agung dan Mulia.”Doa awal tahun ini dianjurkan untuk dibaca setelah Maghrib pada malam pertama Muharram sebanyak tiga kali. Dengan membaca doa ini, kita berharap memperoleh anugerah dan rahmat dari Allah untuk tahun yang baru.

Sumber: Kurniawan, Alhafiz. “Doa Awal dan Akhir Tahun dalam Islam.” NU Online

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -
https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sl777/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sto2/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/thailand/