Info Sekolah
Selasa, 24 Des 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
10 Agustus 2024

Panduan Menjawab Soal Materi 3.4 Pemetaan P5-PPRA: Kunci Pemahaman dan Penerapan di Madrasah

Sab, 10 Agustus 2024 Dibaca 345x

Berikut adalah penjelasan konsep terkait soal-soal P5-PPRA (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin) yang mungkin dapat membantu Anda menjawab soal-soal latihan.

1. Indikator PPRA tentang Inisiatif dalam Kebaikan

  • Nilai terkait: Keteladanan (Qudwah).
  • Penjelasan: Nilai ini menekankan pentingnya menjadi teladan yang baik, mengajak, dan mendorong orang lain untuk melakukan kebaikan. Inisiatif dalam hal ini berarti mengambil langkah proaktif untuk mempromosikan dan melakukan kebaikan.

2. Pola Jadwal Projek di Madrasah

  • Pola yang umum digunakan: Harian, mingguan, bulanan, triwulan.
  • Penjelasan: Madrasah dapat memilih pola penjadwalan yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka, baik itu harian, mingguan, bulanan, atau triwulan, untuk melaksanakan proyek P5-PPRA.

3. Presentase Alokasi Waktu untuk P5-PPRA

  • Cara Menghitung: (360 JP / 1440 JP) * 100%.
  • Jawaban: 25%.
  • Penjelasan: Madrasah dapat mengalokasikan persentase waktu tertentu dari total jam pelajaran (JP) intrakurikuler untuk kegiatan P5-PPRA, berdasarkan kebutuhan dan prioritas.

4. Alokasi Waktu Projek di Semester

  • Penghitungan: Misalkan 152 JP di semester 1, dengan 19 minggu efektif, maka total JP yang digunakan bisa dihitung untuk menentukan berapa minggu yang diperlukan untuk projek semester 2.
  • Jawaban: 20 Sabtu.
  • Penjelasan: Ini menggambarkan fleksibilitas dalam merancang dan mengalokasikan waktu untuk pelaksanaan proyek P5-PPRA di madrasah.

5. Indikator PPRA tentang Toleransi

  • Nilai terkait: Toleransi (Tasamuh).
  • Penjelasan: Toleransi adalah kemampuan untuk menerima, menghormati, dan menghargai perbedaan. Ini merupakan aspek penting dalam membangun masyarakat yang harmonis dan inklusif.

6. Pola Pelaksanaan P5-PPRA

  • Pola yang bisa dipilih: Pola Bulanan.
  • Penjelasan: Dalam konteks ini, madrasah mungkin memilih untuk melaksanakan kegiatan P5-PPRA setiap minggu ketiga dalam bulan, mempertimbangkan alokasi waktu yang tersedia.

7. Indikator PPRA tentang Sopan Santun

  • Nilai terkait: Berkeadaban (Taaddub).
  • Penjelasan: Berkeadaban menekankan pentingnya bersikap sopan santun, menghormati orang yang lebih tua, dan menyayangi yang lebih muda. Ini mencakup nilai-nilai sosial yang tinggi dan penghormatan terhadap norma dan etika.

8. Regulasi Struktur Kurikulum

  • Regulasi yang relevan: KMA 347 Tahun 2022.
  • Penjelasan: Struktur kurikulum di berbagai jenjang pendidikan, baik MI, MTs, MA/MAK, diatur oleh regulasi Kementerian Agama, yang menjadi acuan dalam implementasi P5-PPRA.

9. Jumlah Minimum Projek di Jenjang MI

  • Jawaban: 2 proyek.
  • Penjelasan: Setiap jenjang pendidikan memiliki jumlah minimum projek P5-PPRA yang harus dilaksanakan, dengan tema yang berbeda untuk memastikan cakupan yang luas dan relevansi yang tinggi.

10. Pola Penjadwalan P5-PPRA

  • Pola yang digunakan: Pola Harian.
  • Penjelasan: Madrasah bisa memilih untuk melaksanakan P5-PPRA di jam-jam tertentu setiap hari, misalnya jam terakhir, untuk memastikan konsistensi dan integrasi dalam jadwal harian.
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Desember 2024
M S S R K J S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031