Pendahuluan
Dalam Kurikulum Merdeka, perencanaan pembelajaran dan asesmen dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan kontekstual bagi peserta didik. Pendekatan ini memastikan bahwa pembelajaran berpusat pada peserta didik dan menghubungkan konsep yang dipelajari dengan kondisi nyata. Artikel ini akan mengulas langkah-langkah dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmen berdasarkan informasi dari platform Merdeka Mengajar.
1. Capaian Pembelajaran (CP)
Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase. CP diuraikan menjadi tujuan-tujuan pembelajaran yang bersifat operasional dan konkret. Proses perumusan tujuan pembelajaran meliputi:
2. Perumusan Tujuan Pembelajaran (TP)
Setelah memahami CP, pendidik mengidentifikasi kata-kata kunci CP untuk merumuskan TP. TP ini perlu dicapai peserta didik dalam satu atau lebih jam pelajaran, hingga mereka dapat mencapai CP pada penghujung fase.
3. Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
ATP adalah rangkaian TP yang disusun secara sistematis dan logis dalam fase pembelajaran untuk membantu peserta didik mencapai CP tersebut. Pendidik dapat menggunakan ATP dengan merancang sendiri berdasarkan CP, mengembangkan dan memodifikasi contoh yang disediakan, atau menggunakan contoh yang disediakan pemerintah.
Prinsip-prinsip Penyusunan ATP:
4. Merencanakan Pembelajaran dan Asesmen
Proses merancang pembelajaran disusun dalam bentuk dokumen perencanaan pembelajaran yang fleksibel, sederhana, dan kontekstual. Dokumen perencanaan pembelajaran dapat berupa Modul Ajar (MA) ataupun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam perencanaan pembelajaran adalah:
Kesimpulan
Perencanaan pembelajaran dan asesmen dalam Kurikulum Merdeka dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan kontekstual bagi peserta didik. Dengan merancang tujuan pembelajaran yang jelas dan menyusun alur yang logis, pendidik dapat membantu peserta didik mencapai kompetensi yang diharapkan dan mengembangkan potensi mereka secara maksimal.
Referensi
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Perumusan Tujuan Pembelajaran dan Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Diperoleh dari platform Merdeka Mengajar.
Tinggalkan Komentar