Info Sekolah
Rabu, 03 Jul 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
6 Maret 2024

Pedoman Efektif: Administrasi Wali Kelas untuk Kelancaran Pembelajaran

Rab, 6 Maret 2024 Dibaca 222x

Berikut adalah administrasi wali kelas yang harus dipersiapkan, karena wali kelas memiliki tanggung jawab terhadap pembelajaran dan administrasi kelas:

1. Data Kelas

  • Wali kelas bertanggung jawab untuk menyusun data kelas, termasuk informasi pengurus kelas dan detail lainnya. Data ini mendukung kegiatan pembelajaran selama satu semester atau lebih.

2. Daftar Hadir Siswa

  • Dokumen penting untuk mencatat kehadiran siswa setiap harinya. Berfungsi sebagai pemantauan kegiatan siswa dan panduan bagi guru dalam memanggil nama siswa serta memperkuat interaksi di antara mereka.

3. Buku Inventaris Kelas

  • Berisi catatan tentang inventaris kelas, seperti jumlah dan kondisi kursi, meja, pigura, papan tulis, spidol, penghapus, jam dinding, kipas angin, dan barang lainnya. Memastikan fasilitas kelas dalam kondisi baik.

4. Buku Catatan Guru

  • Sebagai panduan harian guru, mencatat target materi, tugas, dan kondisi siswa yang diajar. Menjadi referensi untuk kelancaran kegiatan pembelajaran sehari-hari.

5. Analisis Hasil Penilaian

  • Menyajikan analisis hasil penilaian siswa, termasuk ujian harian, UTS, dan UAS. Memberikan informasi bagi guru untuk memberikan perbaikan dan meningkatkan mutu pembelajaran.

6. Jurnal Sikap Siswa

  • Catatan sikap siswa selama satu semester, berguna sebagai evaluasi perilaku dan acuan untuk penilaian sikap pada akhir semester. Dapat digunakan sebagai bahan diskusi untuk penyelesaian masalah siswa.

7. Administrasi Lainnya

  • Termasuk kode etik guru, ikrar, tata tertib kelas, jadwal pelajaran, jadwal piket, denah kelas, pembagian kelompok belajar, data usia siswa, teks Pancasila, dan kebutuhan administrasi lainnya sesuai kebijakan sekolah.

Administrasi wali kelas sangat penting untuk memastikan kelancaran pembelajaran dan pengelolaan kelas secara efektif, sesuai dengan kebijakan masing-masing sekolah.

Artikel Lainnya

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -
https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sl777/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sto2/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/thailand/