Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
25 Juni 2024

Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 PPRA)

Sel, 25 Juni 2024 Dibaca 68x

Pendahuluan

Kurikulum di Indonesia telah mengalami berbagai pembaruan untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan pendidikan yang dinamis. Salah satu inisiatif terbaru adalah pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 PPRA). Program ini bertujuan untuk membentuk profil pelajar yang tidak hanya kompeten secara akademis tetapi juga memiliki karakter dan nilai-nilai luhur sesuai dengan Pancasila dan ajaran Islam yang moderat​​.

Pengertian dan Tujuan P5 PPRA

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin adalah upaya untuk memberikan pengalaman belajar yang integratif dan holistik kepada peserta didik melalui kegiatan proyek yang relevan dengan konteks lokal dan tantangan global. Tujuan utama dari P5 PPRA adalah untuk membentuk peserta didik yang memiliki kompetensi abad ke-21, yaitu kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif, serta memiliki karakter yang berakar pada nilai-nilai Pancasila dan Islam Rahmatan Lil Alamin​​.

Komponen Utama P5 PPRA

Profil Pelajar Pancasila: Pelajar Pancasila adalah pelajar yang memiliki pola pikir dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong, kemandirian, kebhinekaan global, berpikir kritis, kreatif, dan berakhlak mulia. Profil ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran akan identitas kebangsaan dan komitmen terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan persatuan​​.

Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin: Profil ini menekankan pada pengembangan peserta didik yang bertakwa, berakhlak mulia, dan menjalankan ajaran Islam secara moderat. Nilai-nilai seperti keadaban, toleransi, dan kebersamaan dalam keragaman menjadi inti dari pembentukan karakter pelajar Rahmatan Lil Alamin. Profil ini bertujuan untuk menciptakan pelajar yang tidak hanya kompeten tetapi juga membawa rahmat bagi seluruh alam​​.

Langkah-langkah Pelaksanaan P5 PPRA

Mempersiapkan Ekosistem Pendidikan: Untuk melaksanakan P5 PPRA, madrasah perlu menyiapkan ekosistem yang mendukung, termasuk penyesuaian infrastruktur, pengembangan kompetensi guru, dan pelibatan komunitas. Madrasah harus menjadi tempat yang ramah belajar dan inklusif bagi semua peserta didik​​.

Desain Projek: Projek dalam P5 PPRA dirancang berdasarkan tema-tema yang relevan dengan konteks lokal dan tantangan global. Misalnya, tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” yang mengajak peserta didik untuk mengembangkan kesadaran lingkungan dan keterampilan dalam memecahkan masalah lingkungan di sekitar mereka​​.

Pelaksanaan Projek: Projek dapat dilakukan secara intrakurikuler, kokurikuler, atau ekstrakurikuler. Madrasah dapat memilih pendekatan yang paling sesuai dengan kondisi dan sumber daya yang tersedia. Kegiatan projek harus dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang mendalam dan bermakna bagi peserta didik​​.

Penilaian dan Evaluasi: Penilaian dalam P5 PPRA tidak hanya berfokus pada hasil kognitif tetapi juga pada perkembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Evaluasi dilakukan secara berkala untuk memastikan bahwa projek berjalan sesuai rencana dan memberikan dampak positif bagi peserta didik dan komunitas sekitar​​.

Manfaat P5 PPRA

Pelaksanaan P5 PPRA memberikan berbagai manfaat, antara lain:

Pengembangan Kompetensi: Projek ini membantu peserta didik mengembangkan kompetensi abad ke-21, seperti berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif.

Pembentukan Karakter: Dengan fokus pada nilai-nilai Pancasila dan Islam moderat, projek ini membantu dalam pembentukan karakter yang kuat dan integritas pribadi.

Keterlibatan Komunitas: P5 PPRA mendorong keterlibatan aktif dari komunitas, sehingga proses pendidikan menjadi lebih inklusif dan relevan dengan kebutuhan lokal.

Pengalaman Belajar yang Berarti: Melalui kegiatan projek, peserta didik mendapatkan pengalaman belajar yang praktis dan bermakna, yang dapat membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari dan masa depan mereka​​.

Kesimpulan

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 PPRA) adalah inisiatif penting dalam pengembangan pendidikan di Indonesia. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dan Islam Rahmatan Lil Alamin, P5 PPRA berusaha untuk membentuk peserta didik yang tidak hanya kompeten secara akademis tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan siap menghadapi tantangan global.

Implementasi yang efektif dari P5 PPRA akan membantu madrasah dalam memberikan pendidikan yang berkualitas dan relevan bagi semua peserta didik.

Referensi

Direktorat KSKK Madrasah. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 PPRA). Jakarta: Kementerian Agama RI.

Moh. Isom. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -
https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sl777/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sto2/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/thailand/