MI NOR RAHMAN NEWS – Sudahkah kamu ikut organisasi di masa kuliah? Apa yang menjadi alasanmu untuk mau bergabung dalam organisasi?
Pertanyaan semacam itu mungkin sudah kerap ditanyakan oleh berbagai pihak. Termasuk ketika kamu harus seleksi untuk bisa masuk dalam suatu pengurusan organisasi.
Organisasi menjadi salah satu wadah untuk melatih mahasiswa bersosialisasi dengan orang lain, namun tidak hanya itu organisasi bisa memberikan wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan bakat dan mengembangkan kreativitas.
Organisasi bisa menjadi tempat untuk mencari wawasan dan pengetahuan serta pengalaman yang tidak bisa didapatkan di dalam ruang kelas.
Dalam dunia pekerjaan sangat diperlukan kemampuan memimpin yang baik, ketahanan mental yang kuat dalam memahami situasi sosial yang beragam.
Banyak mahasiswa yang cerdas namun memiliki kelemahan ketika harus berkomunikasi dengan orang lain. Itu mengapa organisasi bisa menjadi alat bagi mahasiswa untuk melatih diri berinteraksi dan bersosialisasi dalam sebuah kelompok yang nantinya bisa diimplementasikan ketika sudah berada pada dunia pekerjaan.
….Dari beragam manfaat yang sudah dijelaskan secara singkat di atas, sebenarnya apa itu organisasi?
…Apa saja manfaatnya dikemudian hari?
Apa itu Organisasi adalah?
Pengertian organisasi adalah sebuah wadah untuk sekumpulan orang yang bekerja sama secara rasional serta sistematis yang terpimpin atau terkendali untuk mencapai tujuan tertentu memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya.
Sementara dalam dunia bisnis, organisasi merupakan sekelompok orang yang melakukan kolaborasi untuk mencapai tujuan secara komersial dengan struktur yang jelas serta memiliki budaya kerja khusus.
Defenisi Organisasi dari Para Ahli
Diambil dari berbagai sumber, untuk penjelasan organisasi itu sendiri ada beberapa pengertian organisasi menurut para ahli.
Pengertian organisasi menurut W.J.S Poerwadarminta yakni organisasi merupakan susunan dan aturan dari berbagai bagian (orang atau kelompok) sehingga menjadi satu kesatuan yang teratur dan tertata.
Organisasi merupakan sebuah sistem sosial yang mempunyai identitas kolektif secara tegas, progja yang jelas, prosedur dan cara kerja, serta daftar anggota yang secara terperinci.
Organisasi ialah suatu kerangka terstruktur yang di dalamnya berisikan wewenang, tanggung jawab dan pembagian kerja untuk menjalankan masing-masing fungsi tertentu.
Organisasi merupakan pengaturan dan penyusunan bagian-bagian tertentu hingga menjadi satu kesatuan, aturan dan susunan dari berbagai bagian sehingga menjadi satu kesatuan yang teratur dan gabungan kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.
Organisasi merupakan sebuah sistem kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh dua orang ataupun lebih untuk melaksanakan suatu aktivitas yang didalamnya memerlukan komunikasi dengan pencapaian tujuan bersama. Barnard menekankan peranan pada setiap orang anggotanya yang harus diberikan informasi dan motivasi dan sebagian sebagian anggota lainnya yang harus membuat keputusan.
Organisasi merupakan suatu kolektivitas yang disengaja & dibentuk untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang didasarkan pada asas kelangsungan.
Stephen P. Robbinss
Organisasi merupakan suatu kesatuan sosial yang dikoordinasikan dengan batasan-batasan yang relatif dapat diidentifikasi dan bekerja terus menerus untuk mencapai tujuan bersama.
Organisasi ialah suatu pola hubungan melalui orang atau sekelompok orang di bawah pengarahan manajer untuk mengejar tujuan bersama.
Organisasi merupakan suatu integrasi dari sejumlah orang yang ahli yang bekerja sama dengan sangat rasional & impersonal untuk mencapai tujuan – tujuan yang spesifik &telah disepakati sebelumnya.
Organisasi ialah suatu bentuk perserikatan orang atau sekelompok manusia untuk mencapai tujuan bersama yang telah di sepakati.
Organisasi merupakan sebuah sistem terstruktur yang mengkoordinasikan usaha tertentu oleh suatu kelompok orang untuk mencapai tujuan.
Organisasi ialah suatu bentuk koordinasi segala aktivitas yang rasional oleh sejumlah orang untuk mencapai tujuan melalui pembagian dalam pekerjaan & fungsi hirarki otoritas serta tanggungjawab masing-masing anggota.
Menurutnya, Organisasi merupakan Sistem sosial, yaitu orang-orang dalam kelompok Integrasi atau kesatuan dari aktivitas-aktivitas orang-orang yang bekerja sama Orang-orang yang berorientasi atau berpedoman pada tujuan bersama
Organisasi terlaksana apabila segolongan orang bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuannya
Pfiffner dan Sherwood
Organisasi adalah sebagai pola dari cara-cara dalam mana sejumlah orang yang saling berinteraksi, bertatap muka, secara intim dan terikat dalam suatu tugas yang bersifat rumit, berinteraksi satu sama yang lainnya secara sengaja, memutuskan untuk mencapai tujuan yang telah diputuskan semula secara teratur.
Seperti Apa Tujuan Organisasi?
Berikut beberapa tujuan organisasi yang secara umum banyak dijadikan sebagai tujuan dari pembangunan organisasi tersebut yaitu:
Manfaat Organisasi Bagi Mahasiswa
Bagi mahasiswa, peran organisasi dapat menjadi salah satu wadah dimana para mahasiswa dapat berkumpul, dapat bertukar pikiran, dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
Banyak kasus dimana mahasiswa belum mengerti apa itu organisasi, sehingga tak ikut andil didalamnya.
Ada berbagai macam organisasi yang biasanya ada di sebuah kampus dimana organisasi ini memiliki tujuan agar setiap mahasiswa dapat memiliki kemampuan akademik maupun non akademik, serta mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimiliki mahasiswa.
Beberapa manfaat organisasi mahasiswa sebagai berikut:
Mengatur waktu akan menjadi sebuah masalah besar jika setiap individu tidak bisa membaginya dengan baik, maka dari itu diperlukan manajemen waktu yang baik agar setiap tindakan yang direncanakan terlaksana dengan maksimal. Ketika sudah bekerja nantinya mahasiswa yang mengikuti organisasi akan sedikit lebih terlatih untuk mengatur waktu dan menetapkan skala prioritas ketika dihadapkan dengan banyak tugas dan tututan yang harus dikerjakan.
Ketika dalam organisasi ada kegiatan atau event sangat dibutuhkan jiwa-jiwa kepemimpinan agar kegiatan bisa berjalan dengan baik. Ketika bisa berlatih menjadi pemimpin maka akan sangat berguna dalam dunia pekerjaan yang menuntut orang bekerja dengan profesional.
Mengejar nilai akademik dan mengejar gelar sarjana itu penting dan utama, namun organisasi juga menjadi alat untuk implementasi teori yang bisa digunakan sebagai bekal dalam dunia pekerjaan nantinya.
Ciri-Ciri Organisasi
Organisasi memiliki ciri yang bisa dijadikan pembeda dengan aktivitas sosial lainnya. Ciri organisasi diantaranya adalah seperti yang dikutip dari lama UPI.edu :
Unsur dalam suatu organisasi
Untuk bisa menjalankan sebuah organisasi secara optimal maka diperlukan kelengkapan unsur dasar dalam organisasi itu sendiri.
Dengan adanya kelengkapan unsur tersebut maka organisasi dalam terlaksana dengan baik. Berikut beberapa unsur yang harus ada dalam organisasi adalah :
Konsep Organisasi Yang Baik dan Ideal
Jalannya sebuah organisasi yang baik tidak terlepas dari tingkat kerjasama semua lini yang ada dalam organisasi itu sendiri,selain itu sebuah proses pelaksanaan program yang dilakukan sebuah organisasi dalam upaya mencapai tujuan organisasi ditunjang dengan manajemen yang disepakati untuk mencapai tujuan organisasi.Suatu organisasi dikatakan ideal apabila sebagai berikut:
Tinggalkan Komentar