Info Sekolah
Sabtu, 23 Nov 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
22 Juli 2024

Perumusan Tujuan Pembelajaran (TP) dan Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dalam Kurikulum Merdeka

Sen, 22 Juli 2024 Dibaca 776x

Perumusan Tujuan Pembelajaran (TP) dan Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dalam Kurikulum Merdeka

Pendahuluan

Kurikulum Merdeka yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bertujuan untuk memberikan fleksibilitas dan kebebasan bagi pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu aspek penting dari Kurikulum Merdeka adalah perumusan Tujuan Pembelajaran (TP) dan penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), yang membantu pendidik dalam merencanakan dan mengorganisir kegiatan belajar mengajar secara sistematis dan logis.

1. Perumusan Tujuan Pembelajaran (TP)

Setelah memahami Capaian Pembelajaran (CP), pendidik perlu mengidentifikasi kata-kata kunci CP untuk merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP). TP yang dikembangkan perlu dicapai peserta didik dalam satu atau lebih jam pelajaran hingga akhirnya mereka dapat mencapai CP pada akhir fase.

Tujuan pembelajaran sebaiknya memuat dua komponen utama:

  1. Kompetensi: Kemampuan atau keterampilan yang perlu ditunjukkan atau didemonstrasikan oleh peserta didik. Pertanyaan panduan yang dapat digunakan pendidik, antara lain: Secara konkret, kemampuan apa yang perlu peserta didik tunjukkan? Tahap berpikir apa yang perlu peserta didik tunjukkan?
  2. Lingkup Materi: Konten dan konsep utama yang perlu dipahami pada akhir satu unit pembelajaran. Pertanyaan panduan yang dapat digunakan pendidik, antara lain: Hal apa saja yang perlu mereka pelajari dari suatu konsep besar yang dinyatakan dalam CP? Apakah lingkungan sekitar dan kehidupan peserta didik dapat digunakan sebagai konteks untuk mempelajari konten dalam CP?

2. Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Setelah merumuskan TP, langkah berikutnya dalam perencanaan pembelajaran adalah menyusun ATP. ATP adalah rangkaian TP yang disusun secara sistematis dan logis dalam fase pembelajaran untuk murid dapat mencapai CP tersebut.

Pendidik dapat menggunakan ATP dengan beberapa cara:

  • Merancang sendiri berdasarkan CP,
  • Mengembangkan dan memodifikasi contoh yang disediakan,
  • Menggunakan contoh yang disediakan pemerintah.

Prinsip-prinsip penyusunan ATP:

  1. Tujuan pembelajaran adalah tujuan yang lebih umum, bukan tujuan pembelajaran harian.
  2. Alur tujuan pembelajaran harus tuntas satu fase, tidak terpotong di tengah jalan.
  3. ATP dikembangkan secara kolaboratif antara guru lintas kelas/tingkatan dalam satu fase.
  4. ATP dikembangkan sesuai karakteristik dan kompetensi yang dikembangkan setiap mata pelajaran.
  5. Penyusunan ATP tidak perlu lintas fase kecuali untuk pendidikan khusus.
  6. Metode penyusunan ATP harus logis, dari kemampuan yang sederhana ke yang lebih rumit.
  7. Tampilan tujuan pembelajaran diawali dengan alur tujuan pembelajaran terlebih dahulu.
  8. ATP yang disediakan pemerintah merupakan contoh, dan alur tujuan pembelajaran dapat bernomor atau huruf untuk menunjukkan urutan.
  9. ATP fokus pada pencapaian CP, bukan profil pelajar Pancasila.

Kesimpulan

Perumusan TP dan penyusunan ATP adalah langkah penting dalam merencanakan pembelajaran yang efektif dalam Kurikulum Merdeka. Dengan merancang tujuan pembelajaran yang jelas dan menyusun alur yang logis, pendidik dapat membantu peserta didik mencapai kompetensi yang diharapkan dan mengembangkan potensi mereka secara maksimal.

Referensi

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Perumusan Tujuan Pembelajaran dan Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Diperoleh dari platform Merdeka Mengajar.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

November 2024
M S S R K J S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930