Info Sekolah
Sabtu, 06 Jul 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
10 Maret 2024

Puasa Bulan Ramadhan dan Syarat Sahnya (Kajian Kitab Syarah Sittin Bab Puasa)

Ming, 10 Maret 2024 Dibaca 180x

Puasa pada bulan Ramadhan bagi umat Islam diwajibkan. Terdapat tiga syarat yang harus dipenuhi agar puasa menjadi wajib:

  1. Memeluk agama Islam.
  2. Sudah baligh.
  3. Berakal.

Anak-anak yang berusia 7 tahun diperintahkan untuk berpuasa jika mereka sudah cukup matang secara mental dan mampu menjalankan puasa. Mereka yang berusia 10 tahun dapat diberi pengajaran (dipukul) dengan cara yang tidak menyebabkan cedera jika mereka meninggalkan puasa tanpa alasan yang jelas.

Puasa dapat ditinggalkan oleh orang yang sakit jika dapat menimbulkan bahaya yang serius. Orang yang sedang dalam perjalanan jauh yang dibolehkan bukan dalam kegiatan maksiat juga diizinkan untuk tidak berpuasa. Syarat sah puasa meliputi:

  1. Memeluk agama Islam.
  2. Berakal.
  3. suci dari haid dan nifas serta melahirkan, selama sepanjang siang.
  4.  Waktu yang menerima /diperbolehkan untuk puasa..

Fardhu puasa Ramadhan ditentukan oleh dua hal:

  1. Melihat bulan (hilal) dengan kesaksian yang adil.
  2. Menyempurnakan bulan Sya’ban selama 30 hari.

صُومُوا لِرُؤيَتِهِ وَاَفطِرُوا لِرُؤيَتِهِ فَإِن غُمَّ عَلَيكُم فَاَكمِلُوا عِدَّةَ شَعبَانَ ثَلاَثِينَ يَومًا

Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda, “Puasalah karena melihat bulan Ramadhan dan berbukalah karena melihat berakhirnya bulan Ramadhan (1 Syawal). Jika langit mendung dan tidak dapat melihat bulan, maka sempurnakanlah bilangan bulan Sya’ban menjadi 30 hari.”

Kalam musonif (penyusun kitab) dalam perkara yang wajib dengannya puasa ramadhan, ialah bagi masyarakat umum adapun terhadap orang khusus terkadang kewajibannya bukan dengan apa yang telah disebutkan diatas, seperti ijtihadnya orang yang ditawan dan sebagainya

Rukun Puasa Ramadhan (bersambung)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -
https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sl777/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sto2/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/thailand/