Info Sekolah
Jumat, 20 Sep 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
30 Juli 2024

Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia: Peristiwa dan Tokoh di Baliknya

Sel, 30 Juli 2024 Dibaca 96x

Sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah sebuah proses panjang yang melibatkan berbagai peristiwa penting dan tokoh-tokoh berpengaruh. Berikut adalah gambaran umum mengenai perjalanan menuju proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II

Pada tanggal 6 Agustus 1945, bom atom dijatuhkan di Hiroshima oleh Amerika Serikat, diikuti dengan bom kedua di Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945. Kekalahan ini menurunkan moral dan semangat tentara Jepang di seluruh dunia dan memaksa Jepang untuk menyerah kepada Sekutu. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaannya.

Serangkaian Peristiwa Menuju Proklamasi

Pertemuan dengan Marsekal Terauchi

Pada tanggal 10 Agustus 1945, Soekarno, Hatta, dan Radjiman Wedyodiningrat bertemu dengan Marsekal Terauchi di Dalat, Vietnam. Mereka diberitahu bahwa pasukan Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia. Pertemuan ini menjadi salah satu pemicu untuk mempercepat proklamasi.

Peristiwa Rengasdengklok

Kembali ke Indonesia, Soekarno dan Hatta didesak oleh Sutan Syahrir untuk segera memproklamasikan kemerdekaan. Namun, Soekarno masih ragu hingga akhirnya Jepang benar-benar menyerah pada 14 Agustus 1945. Pada tanggal 16 Agustus 1945, para pemuda pejuang membawa Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok untuk menghindari pengaruh Jepang dan mendesak segera proklamasi.

Pelaksanaan Proklamasi Kemerdekaan

Penyusunan Teks Proklamasi

Setelah kembali ke Jakarta, Soekarno dan Hatta menyusun teks proklamasi di rumah Laksamana Maeda. Teks Proklamasi ditulis oleh Soekarno dan diketik oleh Sayuti Melik. Teks ini kemudian disepakati oleh semua pihak yang hadir.

Proklamasi Kemerdekaan

Pada pagi hari tanggal 17 Agustus 1945, di kediaman Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur 56, Soekarno membacakan teks proklamasi kemerdekaan. Bendera Merah Putih dikibarkan oleh Latief Hendraningrat dan Soepardjo, diikuti dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Pasca Proklamasi

Pembentukan Undang-Undang Dasar (UUD)

Pada tanggal 18 Agustus 1945, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) mengesahkan UUD 1945 sebagai dasar negara. Ini menandai pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan kedaulatan di tangan rakyat.

Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden

Soekarno dan Mohammad Hatta terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden pertama Indonesia. Mereka diambil sumpahnya oleh Komite Nasional yang dibentuk sebagai bagian dari persiapan kemerdekaan.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 menjadi momen bersejarah yang harus dihargai dan diingat oleh seluruh bangsa Indonesia. Ini adalah simbol perjuangan dan semangat kebangsaan yang diwariskan dari generasi ke generasi.


Referensi : Annisa. (2023, November 21). Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Diakses dari https://www.umsu.ac.id

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -