Kementerian Agama (Kemenag) terus berupaya meningkatkan kompetensi guru madrasah melalui berbagai program dan pelatihan. Tujuan utamanya adalah mencetak “great teacher” yang tidak hanya menguasai ilmu, tetapi juga mampu menjadi inspirasi bagi anak didik dan masyarakat sekitarnya.
Menurut Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Thobib Al Asyhar, ada empat level guru yang ditargetkan dalam program ini:
Untuk mencapai level tertinggi, yaitu “great teacher”, guru harus memiliki self-esteem (harga diri) yang tinggi dan kompetensi yang memadai.
Self-esteem adalah faktor penting dalam pengembangan kompetensi guru. Self-esteem yang kuat membuat guru percaya diri dan mampu mengoptimalkan ilmunya. Thobib Al Asyhar menjelaskan bahwa guru dengan self-esteem rendah cenderung merasa kurang dibandingkan orang lain, tidak percaya diri, dan selalu fokus pada kelemahan diri sendiri.
Thobib menekankan pentingnya memahami bahwa setiap individu adalah “masterpiece” dari Allah SWT, yang memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Dengan pemahaman ini, guru dapat memanfaatkan pikiran dan kata-kata positif untuk memperkuat self-esteem mereka.
Pelatihan peningkatan kompetensi GTK Madrasah mencakup beberapa pokok bahasan utama:
Kasubdit Bina Guru MI/MTs pada Direktorat GTK Madrasah, Fakhrurozi, menekankan bahwa guru harus terus meningkatkan kompetensi agar tidak tertinggal dalam dunia pendidikan yang dinamis. Generasi Z yang mendominasi dunia pendidikan saat ini sangat akrab dengan teknologi. Oleh karena itu, guru harus adaptif dan mampu mengimbangi pergaulan generasi ini.
Rozi berharap kegiatan peningkatan kompetensi ini memberikan wawasan baru bagi guru-guru madrasah untuk terus mengembangkan diri dan menjadi penerus risalah di daerah masing-masing.
Program peningkatan kompetensi guru madrasah oleh Kemenag bertujuan untuk mencetak “great teacher” yang inspiratif dan berkompeten. Dengan fokus pada self-esteem dan adaptasi terhadap teknologi, diharapkan guru madrasah dapat memenuhi tuntutan pendidikan yang semakin dinamis dan menjadi ujung tombak pendidikan yang berkualitas.
Melalui berbagai pelatihan dan program pengembangan, Kemenag berkomitmen untuk terus mendukung guru madrasah dalam meningkatkan kompetensinya, sehingga dapat memberikan pendidikan yang terbaik bagi generasi penerus bangsa
Tinggalkan Komentar