Info Sekolah
Senin, 16 Sep 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
28 Juli 2024

Teks Shalawat Nariyah: Arab, Latin, dan Terjemahannya

Ming, 28 Juli 2024 Dibaca 132x

Shalawat Nariyah adalah salah satu amalan yang populer di kalangan umat Islam, termasuk warga Nahdlatul Ulama (NU). Selain Shalawat Nariyah, terdapat berbagai jenis shalawat lainnya seperti Shalawat Thibbil Qulub dan Shalawat Tunjina (Munjiyat), serta bacaan hizib dan rawatib. Semua ini meningkatkan semangat keagamaan dan kecintaan kepada Rasulullah SAW, serta sebagai bentuk ibadah.

Hadits tentang Membaca Shalawat

Rasulullah SAW bersabda, “Siapa membaca shalawat untukku, Allah akan membalasnya dengan 10 kebaikan, mengampuni 10 dosanya, dan meningkatkan derajatnya sebanyak 10 tingkat.” (HR. Muslim). Oleh karena itu, setiap kegiatan keagamaan warga NU seringkali disisipi dengan bacaan shalawat.

Bacaan Shalawat Nariyah

Shalawat Nariyah dikenal luas dan sering dibaca terutama saat menghadapi masalah hidup yang sulit dipecahkan. Berikut adalah teks Shalawat Nariyah dalam bahasa Arab, Latin, dan terjemahannya:

Arab

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Latin

Allâhumma shalli shalâtan kâmilatan wa sallim salâman tâmman alâ sayyidinâ Muḫammadinil-ladzi tanḫallu bihil-uqadu wa tanfariju bihil-kurabu wa tuqdlâ bihil-ḫawâiju wa tunâlu bihir-raghâ’ibu wa ḫusnul-khawâtimi wa yustasqal-ghamâmu biwajhihil-karîmi wa alâ âlihi wa shaḫbihi fî kulli lamḫatin wa nafasin biadadi kulli ma`lûmilak(a).

Terjemah

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun. Dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

Keutamaan Membaca Shalawat Nariyah

Dalam kitab Khazinatul Asrar karya Sayyid Muhammad Haqqi An-Nazili dijelaskan, “Salah satu shalawat yang mustajab ialah shalawat Tafrijiyah Qurthubiyah, yang disebut orang Maroko dengan shalawat Nariyah karena jika mereka mengharapkan sesuatu, atau ingin menolak yang tidak disukai, mereka berkumpul untuk membaca shalawat Nariyah ini sebanyak 4444 kali, dan tercapailah apa yang diinginkan dengan cepat (bi idznillah).”

Hadits lain juga menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Perbanyaklah shalawat kepadaku karena dapat memecahkan masalah dan menghilangkan kesedihan.” Demikian seperti tertuang dalam kitab an-Nuzhah yang juga dikutip dalam Khazinatul Asrar.

Pengaruh Shalawat di Alam Barzakh

Diriwayatkan bahwa Rasulullah di alam barzakh mendengar bacaan shalawat dan salam, dan beliau akan menjawabnya. Hadits riwayat Abu Dawud dari Abu Hurairah menyebutkan bahwa Allah menyampaikan kepada ruh Nabi setiap salam yang diberikan, dan beliau menjawab salam tersebut.

Untuk informasi lebih lengkap, bacaan shalawat, hizib, dan ratib dapat diakses di NU Online Super App yang bisa diunduh dari PlayStore atau AppStore.

Sumber: NU Online

Cek (ISI 14 BUKU) Cerita Pengantar Tidur Islami – Hewan-Hewan dalam Al Quran dengan harga Rp99.900. Dapatkan di Shopee sekarang! https://s.shopee.co.id/5VBIpe0xvf

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -