Pendidikan memegang peranan penting dalam membentuk generasi yang mampu bersaing di era milenial. Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nor Rahman Banjarmasin, peran guru sebagai pendidik profesional menjadi kunci dalam meningkatkan prestasi siswa dan mutu pendidikan. Guru tidak hanya sekadar mengajar, tetapi juga berperan sebagai pembimbing, motivator, dan teladan bagi siswa. Dengan kompetensi yang baik, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan, serta membangun karakter siswa yang berakhlak mulia dan kompeten.
Guru yang profesional adalah guru yang memiliki pengetahuan luas dan mendalam tentang materi ajar, serta mampu mengelola kelas dengan baik. Di MIS Nor Rahman, guru diharapkan memiliki empat kompetensi utama: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Kompetensi pedagogik terkait dengan kemampuan mengelola pembelajaran yang efektif dan efisien. Guru harus mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.
Kompetensi kepribadian mencerminkan sikap dan kepribadian guru yang dewasa, stabil, berwibawa, dan berintegritas tinggi. Guru di MIS Nor Rahman harus mampu menjadi teladan bagi siswa, menunjukkan sikap yang positif, disiplin, dan bertanggung jawab. Sementara itu, kompetensi sosial berkaitan dengan kemampuan guru dalam berinteraksi dengan siswa, orang tua, dan masyarakat sekitar. Guru harus mampu membangun hubungan yang harmonis dan saling mendukung dengan semua pihak terkait.
Guru memiliki peran penting dalam meningkatkan prestasi siswa di MIS Nor Rahman. Dengan menggunakan metode pengajaran yang tepat, guru dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan giat dan memahami materi pelajaran dengan lebih mudah. Penggunaan strategi pembelajaran yang inovatif dan kreatif, seperti pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran kolaboratif, dan pembelajaran berbasis teknologi, dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan mampu berkolaborasi.
Guru juga berperan dalam memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa. Di MIS Nor Rahman, guru diharapkan tidak hanya mengajar, tetapi juga menjadi mentor bagi siswa, membantu mereka mengatasi kesulitan belajar, serta memberikan dukungan moral dan emosional. Dengan pendekatan yang personal dan penuh perhatian, guru dapat membantu siswa mengembangkan potensi mereka secara optimal.
Selain meningkatkan prestasi akademik, guru di MIS Nor Rahman juga memiliki tugas penting dalam membentuk karakter siswa. Pendidikan karakter menjadi bagian integral dari proses pembelajaran di madrasah ini. Guru harus mampu menanamkan nilai-nilai moral dan etika kepada siswa, seperti kejujuran, tanggung jawab, disiplin, kerja keras, dan rasa hormat terhadap sesama.
Guru di MIS Nor Rahman diharapkan menjadi teladan dalam hal akhlak dan perilaku. Dengan menunjukkan sikap yang baik dan berakhlak mulia, guru dapat mempengaruhi siswa untuk mengikuti jejak mereka. Proses pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan karakter dengan pengajaran akademik dapat menciptakan lingkungan yang positif dan kondusif untuk perkembangan pribadi siswa.
Di era milenial ini, peran guru profesional di MIS Nor Rahman Banjarmasin sangat penting dalam meningkatkan prestasi siswa dan mutu pendidikan. Dengan kompetensi yang baik, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang efektif, memotivasi siswa untuk belajar dengan giat, dan membangun karakter siswa yang berakhlak mulia. Untuk mencapai tujuan ini, diperlukan komitmen dan dedikasi dari semua pihak, terutama para guru, untuk terus belajar dan mengembangkan diri sesuai dengan tuntutan zaman.
Nur Illahi. “Peranan Guru Profesional dalam Peningkatan Prestasi Siswa dan Mutu Pendidikan di Era Milenial.” Jurnal Asy-Syukriyyah, Vol. 21, No. 1, Februari 2020.