Kunci Jawaban Latihan Materi 3.10 Asesmen P5-PPRA – PINTAR KEMENAG
Latihan Materi 3.10 Asesmen P5-PPRA merupakan bagian penting dari program PINTAR Kemenag yang dirancang untuk membantu guru dan peserta didik memahami dan mengimplementasikan asesmen dalam pembelajaran berbasis projek. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa soal yang sering muncul dalam latihan ini beserta kunci jawabannya.
1. Laporan Hasil Pengolahan Asesmen P5-PPRA
Laporan hasil pengolahan asesmen P5-PPRA diberikan kepada peserta didik setiap:
- A. Setiap akhir proyek
- B. Setiap akhir tema
- C. Setahun sekali(Jawaban yang benar)
- D. Setiap semester
2. Alur Kegiatan dalam Menentukan Alur Rencana Pembelajaran dan Asesmen P5-PPRA
Alur kegiatan yang benar dalam menentukan alur rencana pembelajaran dan asesmen P5-PPRA adalah:
- A. Memetakan asesmen dari modul projek, memastikan alur kegiatan, pembuatan rubrik capaian, proses asesmen pada saat kegiatan, mengolah hasil asesmen, menyusun laporan
- B. Memastikan alur kegiatan, pemetaan asesmen dari modul projek, proses asesmen pada saat kegiatan, pembuatan rubrik capaian, mengolah hasil asesmen, menyusun laporan (Jawaban yang benar)
- C. Memastikan alur kegiatan, pemetaan asesmen dari modul projek, pembuatan rubrik capaian, proses asesmen pada saat kegiatan, mengolah hasil asesmen, menyusun laporan
- D. Memetakan asesmen dari modul projek, Memastikan alur kegiatan, proses asesmen pada saat kegiatan pembuatan rubrik capaian, mengolah hasil asesmen, menyusun laporan
3. Karakteristik Asesmen P5-PPRA
Karakteristik asesmen P5-PPRA hendaknya lebih menekankan pada:
- A. Pemahaman dimensi dan nilai
- B. Keterampilan motorik kasar
- C. Penguasaan konsep
- D. Penanaman sikap/perilaku (Jawaban yang benar)
4. Penentuan Instrumen Penilaian P5-PPRA
Dalam menentukan instrumen penilaian P5-PPRA hendaknya didasarkan atas:
- A. Target pencapaian fase dari dimensi/nilai yang ada (Jawaban yang benar)
- B. Indikator asesmen yang diturunkan dari target pencapaian fase
- C. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran
- D. Asesmen awal peserta didik pada intrakurikulernya
5. Penilaian Peserta Didik Berdasarkan Sikap
Apabila siswa belum menunjukkan perilaku sesuai dengan sikap seperti apa yang ada dalam capaian fase, maka kita bisa menilai peserta didik:
- A. Berkembang sesuai harapan
- B. Kurang berkembang(Jawaban yang benar)
- C. Berkembang
- D. Sangat berkembang
6. Laporan Asesmen P5-PPRA dalam Satu Tahun
Banyaknya proyek yang harus dilaporkan dalam laporan hasil asesmen P5-PPRA dalam satu tahun, kecuali:
- A. 1-2 projek untuk RA
- B. 2-3 projek untuk MI
- C. 2-3 projek untuk MTS (Jawaban yang benar)
- D. 3-4 projek untuk MA
7. Deskripsi Capaian Hasil Belajar
Contoh deskripsi capaian yang bisa ditulis dalam laporan hasil belajar pada dimensi beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME:
- A. Ananda Budi sudah berkembang dengan baik dalam hal melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agamanya dengan menunjukkan ketaatannya dalam sholat serta mengajak temannya untuk sholat berjamaah(Jawaban yang benar)
- B. Ananda Budi sudah berkembang dengan baik dalam hal melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agamanya dengan menunjukkan ketaatannya dalam sholat berjamaah.
- C. Ananda Budi sudah sangat berkembang dengan baik dalam hal melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agamanya dengan menunjukkan ketaatannya dalam sholat berjamaah.
- D. Ananda Budi sudah sangat berkembang dengan baik dalam hal melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agamanya dengan menunjukkan ketaatannya dalam sholat serta mengajak temannya untuk sholat berjamaah.
8. Penilaian Perilaku Peserta Didik
Apabila siswa sudah menunjukkan perilaku sesuai dengan sikap seperti apa yang ada dalam capaian fase, maka kita bisa menilai peserta didik:
- A. Sangat berkembang
- B. Berkembang sesuai harapan(Jawaban yang benar)
- C. Berkembang
- D. Kurang berkembang
9. Tujuan Penilaian Antar Teman
Salah satu tujuan memberikan penilaian antar teman adalah:
- A. Peserta didik bisa menilai peserta didik lainnya
- B. Sebagai kroscek terhadap hasil pengamatan yang dilakukan tim fasilitator (Jawaban yang benar)
- C. Membantu siswa agar nilai rata-rata lebih bagus
- D. Untuk mencari kelemahan sesama peserta didik
10. Cara Mudah Mengisi Jurnal
Sesuai dengan kegiatan yang sudah dirancang, salah satu cara dalam mengisi Jurnal agar mudah dan tidak merepotkan, yaitu:
- A. Setiap anak diberikan catatan
- B. Dicatat siswa yang menunjukkan perilaku negatif/kekurangan
- C. Dicatat siswa menunjukkan perilaku yang positif/kelebihan
- D. Dicatat siswa yang menunjukkan perilaku yang positif maupun negatif saja(Jawaban yang benar)
Artikel ini diharapkan dapat membantu peserta didik maupun fasilitator dalam memahami dan mempersiapkan asesmen P5-PPRA dengan lebih baik. Selalu perhatikan soal dengan seksama, dan gunakan panduan ini sebagai acuan dalam menjawab latihan.
Sumber: Hanapibani.com
Dibaca 329x