Info Sekolah
Rabu, 03 Jul 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
19 Februari 2024

Apa Itu Pojok Baca

Sen, 19 Februari 2024 Dibaca 394x

Apa itu pojok baca? Pojok baca atau sudut baca merupakan salah satu media yang digunakan untuk menumbuhkan minat siswa dalam meningkatkan gerakan literasi sekolah. Pojok baca menjadi bagian dari ruang kelas yang diubah menjadi suasana berbeda, supaya para siswa bisa lebih nyaman untuk membaca dan untuk meningkatkan kemampuan literasi nya. Pembuatan pojok baca sangat bergantung dengan kreativitas dan inovasi guru.

 

 

 

Diperlukan kerjasama antara wali kelas dan murid-murid untuk menciptakan sudut tempat para siswa membaca di dalam kelas. Pojok baca menyediakan berbagai buku-buku mengenai pendidikan dan ilmu pengetahuan yang disusun dalam suatu rak dan dindingnya didesain dengan kumpulan quotes, atau gambar yang menarik.

 

 

 

 

Pada tingkat Sekolah Dasar, keberadaan pojok baca sangat krusial. Disini guru harus berupaya semaksimal mungkin supaya ya membuat pojok baca berhasil menarik perhatian siswa untuk membaca dan betah berlama-lama di dalamnya.

 

Beberapa manfaat yang didapatkan ketika membuat pojok baca di dalam kelas di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Merangsang siswa supaya lebih menyukai kegiatan membaca
  • Mendekatkan buku pada siswa sehingga mereka lebih tertarik membaca
  • Membantu perpustakaan dalam memperkenalkan rutinitas membaca
  • Menjadi bagian dari proses pembelajaran oleh guru

Lalu bagaimana cara membuat pojok baca yang baik dan benar? Untuk membuat pojok baca dibutuhkan kerjasama antara sobat  sebagai guru dengan siswa, yang menyangkut aspek desain, pengerjaan pagar, dinding, dan juga aksesoris tambahan yang menambah kesan ramai untuk pojok baca.

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -
https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sl777/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sto2/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/thailand/