MI Nor Rahman News – Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Guru Madrasah (AKG) Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) merupakan rangkaian pertanyaan yang disusun untuk mengevaluasi kompetensi para guru. Pendidikan menjadi prioritas dalam pembangunan, dengan peran strategis guru dan tenaga kependidikan dalam membentuk karakter dan pengetahuan peserta didik, sesuai dengan tujuan pendidikan Indonesia yang mencakup pengembangan kualitas manusia yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, dan berilmu.
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan di madrasah melalui peningkatan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan. Pengawas pendidikan bertanggung jawab untuk meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Guru, sebagai pendidik profesional, memiliki tanggung jawab dalam mendidik, mengajar, membimbing, dan mengevaluasi peserta didik. Pengembangan keprofesian berkelanjutan merupakan kunci dalam meningkatkan kualitas guru, dilakukan melalui program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan.
Asesmen Kompetensi Guru Madrasah adalah upaya terencana dalam menilai kompetensi guru dan tenaga kependidikan, menjadi landasan untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan. Hasil asesmen ini digunakan sebagai pertimbangan dalam menyusun program pengembangan guru dan tenaga kependidikan madrasah.
Sebagai bagian dari upaya Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, kumpulan soal AKG MI menjadi instrumen penting dalam mengevaluasi kompetensi guru madrasah dalam berbagai bidang, seperti pedagogik, profesionalisme numerasi, literasi, dan sains.
Tinggalkan Komentar