Info Sekolah
Sabtu, 21 Des 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
21 Desember 2024

Menghadirkan Pembelajaran PAI yang Relevan di Era Digital: Integrasi Nilai Keislaman dan Teknologi

Sab, 21 Desember 2024 Dibaca 8x

Menghadirkan Pembelajaran PAI yang Relevan di Era Digital: Integrasi Nilai Keislaman dan Teknologi


Pembelajaran PAI di Era Digital

Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran strategis dalam membentuk generasi berakhlak mulia. Namun, perkembangan teknologi dan perubahan karakteristik generasi digital menuntut transformasi dalam metode pembelajaran. Pendekatan tradisional yang monoton sering kali dianggap kurang menarik bagi siswa, sehingga inovasi media pembelajaran menjadi solusi yang relevan.

Menurut Kholidah (2015), integrasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran merupakan langkah penting untuk memberikan pemahaman agama yang mendalam sekaligus relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Namun, bagaimana teknologi dapat membantu mewujudkan tujuan ini?


Inovasi Media Pembelajaran: Solusi Menarik untuk Generasi Digital

Teknologi telah membuka peluang besar untuk mendukung pembelajaran yang interaktif dan menarik. Salah satu inovasi yang efektif adalah penggunaan platform Wordwall. Maghfirah dan Sulaiman (2022) mengungkapkan bahwa media pembelajaran berbasis website ini dapat meningkatkan minat belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran PAI.

Apa Itu Wordwall?
Wordwall adalah platform pembelajaran berbasis permainan yang memungkinkan guru menciptakan berbagai jenis aktivitas interaktif, seperti kuis, teka-teki, dan permainan kata. Guru dapat dengan mudah menyesuaikan konten sesuai dengan nilai-nilai Islam yang ingin diajarkan, sehingga siswa tidak hanya belajar tetapi juga menginternalisasi nilai-nilai keislaman.

Dampak Positif Wordwall:

  • Meningkatkan Motivasi Belajar: Nasution et al. (2024) menunjukkan bahwa Wordwall dapat meningkatkan semangat belajar siswa karena pendekatannya yang menyenangkan.
  • Fleksibilitas Konten: Guru dapat menyesuaikan aktivitas dengan kebutuhan pembelajaran.
  • Pembelajaran Interaktif: Aktivitas berbasis permainan membuat siswa lebih terlibat dalam proses belajar.

Pentingnya Peran Guru dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi

Meskipun teknologi menawarkan solusi inovatif, peran guru tetap sangat penting. Widodo dan Rofiqoh (2020) menekankan bahwa guru harus terus meningkatkan kompetensi mereka untuk memanfaatkan teknologi secara efektif. Selain itu, guru PAI juga harus memiliki wawasan pendidikan karakter yang kuat.

Apa yang Harus Dilakukan Guru?

  1. Meningkatkan Kompetensi Teknologi: Guru perlu memahami cara menggunakan media pembelajaran modern seperti Wordwall.
  2. Menjadi Teladan Karakter: Menurut Putri et al. (2023), guru harus menjadi contoh nyata bagi siswa dalam menerapkan nilai-nilai keislaman.
  3. Mengintegrasikan Nilai Keislaman dalam Teknologi: Teknologi hanya akan menjadi alat, tetapi guru harus memastikan bahwa alat tersebut digunakan untuk mendukung tujuan pendidikan Islam.

Pembentukan Karakter Siswa Melalui PAI

Pembelajaran PAI yang efektif tidak hanya tentang menyampaikan materi, tetapi juga membentuk karakter siswa. Nilai-nilai Islam, seperti kejujuran, disiplin, dan tanggung jawab, dapat diajarkan melalui aktivitas pembelajaran berbasis teknologi.

Maghfiroh dan Suryana (2021) menambahkan bahwa pendekatan ini juga relevan untuk pendidikan anak usia dini, memberikan dasar yang kuat bagi pembentukan karakter sejak dini.


Kesimpulan

Integrasi nilai-nilai keislaman dengan media pembelajaran inovatif, seperti Wordwall, adalah langkah strategis untuk menghadirkan pembelajaran PAI yang relevan dan menarik di era digital. Teknologi bukanlah pengganti guru, tetapi alat yang dapat mendukung misi pendidikan Islam dalam membentuk generasi berkarakter mulia.

Rekomendasi untuk Guru:

  • Mulailah mempelajari media pembelajaran berbasis teknologi.
  • Sesuaikan konten dengan nilai-nilai Islam yang ingin diajarkan.
  • Jadilah teladan bagi siswa dalam menerapkan nilai-nilai keislaman.

Dengan pendekatan ini, pembelajaran PAI dapat menjadi lebih bermakna dan relevan, menjawab kebutuhan generasi digital tanpa kehilangan esensi nilai-nilai Islam.


Referensi

  • Kholidah, L. N. (2015). POLA INTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA LEMBAGA PENDIDIKAN. At-Ta’dib, 10(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v10i2.459
  • Maghfirah, S., & Sulaiman, S. (2022). Pengaruh Platform Wordwall Berbasis Website dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI. AS-SABIQUN, 4(5), 1481-1498. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i5.2281
  • Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560–1566. Retrieved from http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086
  • Nasution, A. N., Khadizah, F., Silaban, W. B., Putri, Y., & Manik, Y. A. (2024). INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN PKN. JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(10), 6440 – 6447. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/1669
  • Putri, R. M., Nulhakim, A., Nasution, H. J., Saputra, R., & Husna, D. U. (2023). Peran Wawasan Pendidikan Karakter Guru PAI dalam Pembentukan Akhlak Mulia Siswa. Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 573-580. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5549
  • Widodo, G. S., & Rofiqoh, K. S. (2020). PENGEMBANGAN GURU PROFESIONAL MENGHADAPI GENERASI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakt, 7(1), 13-22. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.67
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Desember 2024
M S S R K J S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031