Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
22 November 2023

Peran Dan Tugas Kepala Sekolah

Rab, 22 November 2023 Dibaca 388x

Pada sebuah sekolah, kepala sekolah memiliki andil yang sangat penting. Dengan kepemimpinannya, kepala sekolah dapat membawa sekolah menjadi lebih maju dan mendapat kepercayaan masyarakat untuk menitipkan putra atau putrinya dalam mengenyam bangku pendidikan. Melulai artikel singkat ini, peran dan tugas kepala sekolah dapat dijabarkan sebagai berikut:

Siapakah Kepala Sekolah Itu?

Menurut Sudarwan (2002), kepala sekolah adalah guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah. Meskipun sebagai guru yang mendapat tugas tambahan, kepala sekolah merupakan orang yang paling betanggung jawab terhadap aplikasi prinsip-prinsip administrasi pendidikan yang inovatif di sekolah.

Tugas Kepala Sekolah

Menurut Sergiovanni (1991), tugas-tugas yang dikerjakan oleh kepala sekolah adalah sebagai berikut:

  1. Mengembangkan program kurikulum dan pembelajaran;
  2. Melaksanakan evaluasi, bimbingan, konferensi, pengangkatan kepegawaian;
  3. Manajemen sekolah, kalender mingguan, kantor, anggaran, surat-menyurat, dan memo-memo;
  4. Melakukan rapat, perencanaan dan pengawasan terhadap kegiatan-kegiatan siswa;
  5. Melaksanakan rapat, tugas, membuat laporan kegiatan kantor di daerah;
  6. Melakukan kegiatan dengan masyarakat (kelompok penasihat, konferensi orang tua);
  7. Membuat perencanaan sekolah (rencana pengembangan sekolah, rencana kegiatan dan anggaran sekolah);
  8. Pengembangan profesional (membaca, konferensi, seminar, pelatihan, studi lanjut);
  9. Mengembangkan perilaku siswa (disiplin, kehadiran, kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler).

Sedangkan menurut Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 162/U/2003, tentang Pedoman Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah adalah sesuai dengan akronim EMASLEC, yaitu sebagai:

  1. Educator (pendidik),
  2. Manager (pengelola),
  3. Administrator (pengadministrasi),
  4. Supervisor (penyelia),
  5. Leader (pemimpin),
  6. Enterpreneur (pengusaha),
  7. Climate creator (pencipta iklim).

 

Peran di atas dapat dijelaskan sebagai berikut ini:

  1. Kepala sekolah sebagai educator yaitu berperan merencanakan, melaksanakan, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih, serta meneliti (dengan penelitian tindakan sekolah). Kepala sekolah merupakan guru bagi para guru di sekolah yang dipimpinnya.
  2. Kepala sekolah sebagai manager yaitu melakukan perencanaan, pengorganisasi, penggerakkan, dan pengawasan terhadap seluruh program sekolah.
  3. Kepala sekolah sebagai administrator yaitu mampu mengelola ketatausahaan dan kebijakan melalui program sekolah dalam rangka mendukung pencapaian tujuan sekolah.
  4. Kepala sekolah sebagai supervisor yaitu membantu guru mengembangkan kegiatan pembelajaran dengan merencanakan, melaksanakan, dan menindaklanjuti hasil supervisi untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan pengembangan profesionalisme guru di lingkungan sekolah.
  5. Kepala sekolah sebagai leader yaitu mampu menggerakkan semua warga sekolah untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab masing-masing guna mencapai tujuan sekolah.
  6. Kepala sekolah sebagai enterpreneur yaitu bersifap kreatif, inovatif, kerja keras, memiliki etos kerja yang ulet, dan naluri kewirausahaan di bidang pendidikan.
  7. Kepala sekolah sebagai climate creator yaitu mampu menciptakan suasana yang kondisif dan menyenangkan bagi warga sekolah.

Pentingnya Tugas Kepala Sekolah

Keberhasilan kepala sekolah dalam melaksanakan setiap tugasnya, banyak ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah. Kepemimpinan merupakan faktor terpenting dalam menunjang tercapainya tujuan institusi sekolah.

Keberhasilan kepala sekolah dalam mengelola kantor, sarana dan prasarana sekolah, membina guru, serta mengelola kegiatan sekolah, banyak ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah. Apabila kepala sekolah mampu membimbing, menggerakkan, dan mengarahkan anggota secara tepat,
maka segala kegiatan yang ada dalam sekolah akan bisa terlaksana secara efektif. Sebaliknya bila tidak, maka tidak akan bisa mencapai tujuan sekolah secara optimal.

Penutup

Kepala Sekolah yang baik akan selalu mendorong diri dan stafnya mencari dan menerapkan strategi baru dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Kepala sekolah yang baik juga akan nembebaskan guru & staf dari belenggu rutinitas untuk lebih mendorong mereka melakukan perubahan demi keefektifan kegiatan sekolah. Pemimpin yang baik membudayakan diri dan seluruh bawahannya untuk membayangkan masa depan yang lebih baik dan berjuang untuk mewujudkannya. Itulah di antara tugas kepala sekolah, keberhasilan mencapai tujuan sekolah sangat bergantung pada kepala sekolah itu sendiri.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -
https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sl777/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sto2/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/thailand/