Minggu
24 November 2024
Admin
03 Agu 2024, 18:08 pm

Penyesuaian Kurikulum Merdeka Sesuai KMA 450 Tahun 2024: Poin-Poin Utama dan Implementasinya

Penyesuaian Kurikulum Merdeka yang mengacu pada Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 450 Tahun 2024 merupakan langkah penting dalam memastikan pendidikan yang lebih relevan dan efektif di madrasah. Perubahan ini mencakup berbagai aspek, termasuk mata pelajaran (mapel) dan alokasi jam mengajar, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta menyesuaikan dengan kebutuhan zaman.

Poin-Poin Penyesuaian

Penyesuaian ini membawa beberapa perubahan penting dibandingkan dengan KMA Nomor 347 Tahun 2022. Berikut adalah ringkasan poin-poin utama:

  1. Penyesuaian Mata Pelajaran dan Alokasi Jam
    • KMA 347/2022: Penambahan jam pada rombongan belajar (rombel) dibebaskan sesuai kebutuhan.
    • KMA 450/2024: Penambahan jam dibatasi maksimal 6 jam per rombel.
  2. Muatan Lokal
    • KMA 347/2022: Muatan lokal dibebaskan sesuai kebutuhan.
    • KMA 450/2024: Muatan lokal dibatasi maksimal 6 jam per rombel.
  3. P5RA (Proyek Penguatan Profil Pelajar RA)
    • KMA 347/2022: Alokasi P5RA dibebaskan sesuai kebutuhan.
    • KMA 450/2024: Alokasi P5RA dibatasi maksimal 1 jam per guru per rombel.
  4. Ekuivalensi Fasilitator dan Koordinator Proyek
    • KMA 347/2022: Fasilitator maksimal 2 jam per guru, Koordinator Proyek maksimal 3 jam per guru.
    • KMA 450/2024: Ekuivalensi Fasilitator dan Koordinator Proyek maksimal 6 jam per guru.
  5. Pembatasan Pengajaran Mapel P5RA
    • KMA 347/2022: Guru fasilitator proyek masih bisa mengajar mapel P5RA.
    • KMA 450/2024: Guru yang mendapatkan ekuivalensi fasilitator proyek tidak bisa ditambahkan mengajar mapel P5RA dan sebaliknya.

Implementasi Teknis

Perubahan ini juga mencakup tata kelola beban kerja guru di aplikasi SIMPATIKA untuk Tunjangan Profesi Guru (TPG) dan beberapa strategi untuk meningkatkan kompetensi guru. Berikut adalah beberapa poin implementasi teknis:

  • Data Mapel dan Alokasi Jam: Informasi lengkap bisa diakses melalui tautan ini.
  • Fasilitator P5RA: Melekat ke rombel untuk memastikan keberlanjutan dan fokus dalam pelaksanaan proyek.

Kesimpulan

Penyesuaian Kurikulum Merdeka berdasarkan KMA 450 Tahun 2024 bertujuan untuk menciptakan pendidikan yang lebih terstruktur dan efektif, dengan penekanan pada kualitas dan relevansi pembelajaran. Dengan pembatasan yang jelas pada jam pelajaran dan peran guru, diharapkan kurikulum ini dapat meningkatkan kompetensi dan kapabilitas siswa di madrasah.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan unduh panduan lengkap tentang penyesuaian Kurikulum Merdeka yang mengacu pada KMA 450 Tahun 2024 di sini.

Referensi

  • Edukasi Berita. (2024, Agustus 2). Penyesuaian Kurikulum Merdeka Mengacu Pada KMA 450 Tahun 2024. Edukasi Berita. Diakses dari Edukasi Berita.
Artikel ini memiliki 0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

SEKOLAH

MI Nor Rahman Banjarmasin

Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin

Zaini, S.Pd.I M.Pd

Kepala Sekolah