Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
4 Juli 2024

Peran dan Tanggung Jawab Guru dalam Pendidikan

Kam, 4 Juli 2024 Dibaca 34x

Guru adalah salah satu elemen kunci dalam dunia pendidikan yang memiliki peran sentral dalam membentuk karakter dan pengetahuan siswa.

Artikel ini membahas berbagai pandangan tentang guru sebagai pendidik, dengan fokus pada peran, tanggung jawab, dan tantangan yang dihadapi dalam konteks pendidikan formal dan informal. Pengetahuan tentang guru sebagai pendidik sangat penting untuk dipahami baik oleh guru itu sendiri maupun oleh pihak yang terlibat dalam pengelolaan lembaga pendidikan​​.

Peran Guru sebagai Pendidik

Guru memainkan berbagai peran yang krusial dalam proses pendidikan. Mereka tidak hanya bertanggung jawab untuk menyampaikan pengetahuan, tetapi juga untuk membimbing dan mendidik siswa agar memiliki moral yang baik dan kemampuan berpikir kritis.

Guru sebagai pendidik bertugas untuk mengajar, melatih, dan membentuk siswa menjadi individu yang berpengetahuan dan berkarakter baik​​.

Seorang guru harus memiliki kesadaran akan perannya sebagai pendidik, yang meliputi beberapa aspek penting seperti persyaratan, karakteristik, dan tanggung jawab yang harus dimiliki.

Guru yang memahami peran mereka akan mampu menjalankan tugas dengan lebih efektif dan berdampak positif pada perkembangan siswa​​.

Tantangan dan Kualifikasi Guru

Kualifikasi dan pemilihan guru merupakan aspek penting yang menentukan kualitas pendidikan. Seorang guru harus memenuhi syarat-syarat tertentu dan memiliki karakteristik yang mendukung peran mereka sebagai pendidik.

Pemilihan guru yang tepat sangat penting karena setelah diangkat, memecat guru yang tidak memenuhi standar bukanlah hal yang mudah​​.

Berbagai pandangan tentang syarat-syarat menjadi guru yang harus diterapkan secara tegas, terutama dalam proses rekrutmen.

Pengetahuan yang jelas mengenai syarat-syarat menjadi guru sangat penting untuk memastikan bahwa hanya individu yang kompeten yang diberi tanggung jawab untuk mendidik siswa​​.

Peran Ganda Guru

Guru tidak hanya berperan di dalam kelas, tetapi juga memiliki peran yang signifikan di luar lingkungan sekolah. Mereka harus mampu beradaptasi dengan berbagai situasi dan kebutuhan siswa, baik di dalam maupun di luar lingkungan pendidikan formal.

Peran ganda ini mencerminkan kompleksitas tugas seorang guru dalam membentuk karakter dan moral siswa secara menyeluruh​​.Kesimpulan

Sebagai pendidik, guru memiliki tanggung jawab besar dalam membentuk masa depan siswa. Pengetahuan tentang peran, kualifikasi, dan tantangan yang dihadapi guru sangat penting untuk dipahami oleh semua pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan.

Dengan pemahaman yang baik tentang peran dan tanggung jawab mereka, guru dapat menjalankan tugasnya dengan lebih efektif dan berdampak positif pada perkembangan siswa.

Referensi

Muhammad. (2021). Beberapa Pandangan tentang Guru sebagai Pendidik. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 19(1), 75-79.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -
https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sl777/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sto2/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/thailand/