Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI NOR RAHMAN Banjarmasin
25 Juni 2024

Peran Guru dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar

Sel, 25 Juni 2024 Dibaca 48x

Peran Guru dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar

Dalam proses pendidikan, khususnya di sekolah dasar, peran guru sangatlah penting. Guru tidak hanya bertindak sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pendidik yang membantu membentuk karakter dan perilaku siswa. Penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam pembelajaran sangat menentukan efektivitas proses belajar mengajar dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.

1. Guru sebagai Pendidik

Guru memiliki peran sebagai pendidik yang memberikan teladan bagi siswa. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, guru adalah seseorang yang pekerjaannya mengajar​​. Sebagai pendidik, guru diharapkan mampu membentuk kepribadian siswa yang baik melalui contoh yang diberikan dalam keseharian. Ini termasuk memiliki rasa tanggung jawab, kemandirian, wibawa, dan disiplin yang tinggi​​.

2. Guru sebagai Pengajar

Sebagai pengajar, guru bertugas untuk menyampaikan ilmu pengetahuan dengan cara yang mudah dipahami oleh siswa. Menurut Yestiani dan Zahwa (2020), guru harus mampu menjelaskan materi dengan jelas dan terampil dalam memecahkan berbagai masalah yang mungkin dihadapi siswa selama proses pembelajaran​​. Penggunaan berbagai media pembelajaran juga sangat membantu dalam menjelaskan konsep-konsep yang sulit​​.

3. Guru sebagai Sumber Belajar

Guru berfungsi sebagai sumber belajar yang dapat diandalkan oleh siswa. Hal ini menuntut guru untuk memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam tentang materi yang diajarkan. Dengan demikian, guru dapat memberikan penjelasan yang akurat dan mudah dipahami serta menjawab pertanyaan siswa dengan cepat dan tepat​​.

4. Guru sebagai Fasilitator

Peran guru sebagai fasilitator adalah untuk menyediakan sarana yang mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran. Guru dapat menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi untuk menjaga minat dan perhatian siswa. Misalnya, menggunakan alat peraga atau mengajak siswa untuk melakukan kegiatan praktik langsung​​.

5. Guru sebagai Pembimbing

Guru juga berperan sebagai pembimbing yang membantu siswa dalam proses perkembangan mental, moral, dan emosional mereka. Guru harus mampu memberikan bimbingan yang tepat untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi siswa selama proses pembelajaran​​.

6. Guru sebagai Motivator

Motivasi adalah salah satu kunci keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Guru harus mampu membangkitkan motivasi dan semangat belajar siswa melalui berbagai cara, seperti memberikan penghargaan atas prestasi atau memberikan dukungan moral saat siswa menghadapi kesulitan​​.

Kesimpulan

Peran guru dalam pembelajaran sangatlah kompleks dan mencakup berbagai aspek. Guru tidak hanya berperan sebagai penyampai ilmu, tetapi juga sebagai pembimbing, fasilitator, motivator, dan banyak lagi. Keberhasilan pembelajaran dan pembentukan karakter siswa sangat tergantung pada seberapa baik seorang guru dapat menjalankan peran-peran tersebut. Dengan peran yang optimal, guru dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif dan efektif, sehingga siswa dapat mencapai pemahaman yang lebih baik dan mengembangkan potensi mereka secara maksimal.

Referensi

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 41-47. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info Sekolah

MI Nor Rahman Banjarmasin

NPSN 60723165
Jl Kelayan B Gang Setiarahman RT 10 Kel. Kelayan Tengah Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
TELEPON (0511)3273242
WHATSAPP -
https://elearning.minorrahman.sch.id/dana/ https://elearning.minorrahman.sch.id/hitam/ https://elearning.minorrahman.sch.id/luar/ https://elearning.minorrahman.sch.id/maxwin/ https://elearning.minorrahman.sch.id/qris/ https://elearning.minorrahman.sch.id/robo/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sl777/ https://elearning.minorrahman.sch.id/sto2/ https://elearning.minorrahman.sch.id/thailand/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sl777/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/sto2/ https://madrasahku.minorrahman.sch.id/vendor/thailand/